Oktober 05, 2020

LEBIH DARI 50 STAN DALAM BELITONG CREATIVE WEEK 2020 TERISI, SAATNYA PARIWISATA BELITUNG BANGKIT

Bupati Belitung Sahani Saleh dan Direktur Bidang
Pemasaran Regional I Kemenparekraf Vinsensius Jemadu
memukul lesung menandai peresmian
Belitong Creative Week 2020.
SatamExpose.com/Ferdi Aditiawan

TANJUNGPANDAN, SATAMEXPOSE.COM – Lebih dari 50 stan dalam Belitong Creative Week 2020 di kawasan wisata Pantai Tanjungpendam terisi para pelaku ekonomi kreatif.

 

Diantaranya 28 stan kuliner, 12 stan kriya, 6 stan fashion, 2 stan seni rupa, 2 stan fotografi dan 2 stan desain. Kegiatan ini dibuka langsung Bupati Belitung H Sahani Saleh dan Direktur Bidang Pemasaran Regional I Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif RI Vinsensius Jemadu, Sabtu (4/20/2020).

 

Kegiatan yang dijadwalkan selama sepekan yakni mulai 3 Oktober sampai 9 Oktober 2020. Beragam acara bakal digelar guna memeriahkan event rutin tahunan ini, mulai dari pameran, lomba dan workshop yang berkaitan dengan 16 subsektor ekonomi kreatif bakal digelar.

 

"Tujuannya memang untuk memperkenalkan produk ekonomi kreatif yang terdiri dari 16 subsektor seperti desain interior, desain produk, fashion, fotografi, kriya, kuliner, musik, penerbitan, dan seni rupa," kata Kepala Dinas Pariwisata Kabupaten Belitung Jasagung Hariyadi, Sabtu (3/9/2020) malam.


Penyerahan cindera mata kepada
Vinsensius Jemadu.
SatamExpose.com/Ferdi Aditiawan

Jasagung Hariyadi menyebut, pada Belitong Creative Week 2020 akan diadakan workshop film yang menghadirkan sutradara dari Jakarta. Bahkan akan juga digelar ngelakar (ngobrol) bareng pelaku ekonomi kreatif sebagai upaya pengembangan wisata Belitung.

 

Bupati Belitung Sahani Saleh (Sanem) mengatakan event ini tak lepas dari upaya pemerintah menggerakkan kembali aktivitas perekonomian sejak pemberlakuan new normal pada 1 Juli lalu.

 

Selain itu juga sebagai realisasi upaya pemulihan perekonomian terutama dari sektor kepariwisataan usai pandemic Covid-19. Bahkan pada periode September-Desember bakal ada 18 event yang menampilkan atraksi seni budaya.

 

"Kalau selama empat bulan tiarap, sekarang bangkit. Di samping menggali kegiatan kepariwisataan, kegiatan ini juga sebagai upaya peningkatan ekonomi kerakyatan," kata Sanem.

 

Direktur Pemasaran Regional I Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif RI Vinsensius Jemadu mengatakan, dalam dua pekan ini Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif RI Wishnutama berencana ke Belitung.


Foto bersama saat pembukaan
Belitong Creative Week 2020.
SatamExpose.com/Ferdi Aditiawan

"Bapak menteri sudah dua pekan berencana ke sini, mohon maaf karena beliau harus mendampingi kunjungan kerja Presiden ke Labuan Bajo. Beliau punya agenda ke Belitung karena termasuk destinasi kelas global, apalagi jika Geopark sudah diresmikan oleh UNESCO," ucap Vinsensius Jemadu.

 

Vinsensius Jemadu menuturkan masyarakat Belitung patut bersyukur dan berbahagia karena disaat-saat seperti sekarang bisa berkumpul dan bersilaturahmi dalam event seperti itu. Jargon Belitung Terindah, Covid Terendah juga menjadi hal berharga dalam kondisi sekarang.

 

Menurutnya hal tersebut tak lepas dari upaya bupati dan segenap pimpinan daerah yang telah menetapkan disiplin dan peraturan daerah yang bagus sehingga dapat menekan transmisi Covid-19.

 

"Kalau sejak dini memposisikan diri masyarakat yang disiplin dan taat saya yakin Belitung akan jadi masyarakat yang makmur. Kita berbahagia karena PSBB disini berarti pengen santai berangkatlah ke Belitung, pengen sehat berliburlah di Belitung, pengen seafood belilah di Belitung. Makna PSBB di Belitung sangat luar biasa," kata Vinsensius Jemadu. (ikl/fat)

 

Portal Media Online Masa Kini Yang Menyajikan Berita Aktual, Kredibel, Independen dan Terpecaya .Apabila terdapat kesalahan, koreksi, duplikasi dan atau mengandung informasi yang bersifat palsu atau tidak benar (Hoax) dapat menghubungi Tim Redaksi melalui kontak yang tersedia. Terima Kasih telah menjadi pembaca setia SATAMEXPOSE.COM.