September 24, 2020

WARGA BINAAN DI LAPAS KELAS IIB TANJUNGPANDAN DIBERIKAN PELATIHAN BUDIDAYA IKAN HIAS

WBP Lapas Kelas IIB Tanjungpandan ikuti pelatihan
budidaya ikan hias. IST

TANJUNGPANDAN, SATAMEXPOSE.COM - Lapas Kelas IIB Tanjungpandan memberikan pelatihan keterampilan dan kemandirian budidaya ikan hias kepada warga binaan pemasyarakatan (WBP), Rabu (23/9/2020).

 

Kegiatan hasil kerjasama dengan Dinas Perikanan Kabupaten Belitung Timur itu bertujuan untuk memberikan bekal kemampuan bagi WBP pasca menjalani hukuman.

 

Pengawas Budidaya Ikan Dinas Perikanan Kabupaten Belitung Timur Romy Mangatur Sihombing mengatakan materi pelatihan yang diberikan tentang budidaya ikan hias jenis cupang dan komet.

 

"Budidaya Ikan Hias Jenis Cupang dan Komet dipilih karena lebih mudah dan simpel tanpa memerlukan lahan yang luas,  dan  sangat cocok diterapkan di luar setelah nantinya mereka bebas," kata Romy Mangatur Sihombing dalam rilis Lapas Kelas IIB Tanjungpandan yang diterima SatamExpose.com

 

Romy mengatakan materi yang diberikan tentang proses pemijahan mulai dari persiapan hingga pembesaran ikan. Selain itu juga pengetahuan pengenalan alat kualitas air, manajemen pemberian pakan hingga penanggulangan hama dan penyakit.

 

"Dukungan benih ikan hias dan ikan konsumsi bisa dikembangkan dengan baik dan sesuai dengan harapan. Budidaya Ikan Hias jenis Komet dan Cupang tentunya tidak memerlukan modal yang besar, namun menghasilkan secara ekonomi jika ditekuni dengan baik," ujar Romy Mangatur Sihombing.

 

Sementara itu Kalapas Kelas IIB Tanjungpandan yang diwakili oleh Kepala KPLP M Jawad Cirry menyampaikan terima kasih atas dukungan Pemkab Belitung Timur melalui Dinas Perikanan terhadap kegiatan Pembinaan WBP Lapas Kelas IIB Tanjungpandan.

 

Dirinya juga berpesan kepada WBP agar mengikuti kegiatan dengan sebaik-baiknya. Jalani masa pidana ini dengan rasa syukur, nikmati proses ini dengan doa sehingga tidak menimbulkan rasa putus asa.

 

"Apa yang diharapkan dari pelatihan pembinaan kemandirian ini agar dapat memberi manfaat dan kemajuan bagi Lapas Kelas IIB Tanjungpandan, khususnya untuk WBP," sebut M Jawad Cirry. (fat)

 

Portal Media Online Masa Kini Yang Menyajikan Berita Aktual, Kredibel, Independen dan Terpecaya .Apabila terdapat kesalahan, koreksi, duplikasi dan atau mengandung informasi yang bersifat palsu atau tidak benar (Hoax) dapat menghubungi Tim Redaksi melalui kontak yang tersedia. Terima Kasih telah menjadi pembaca setia SATAMEXPOSE.COM.