September 24, 2020

BUPATI SEBUT CLUSTER KELUARGA DALAM PENYEBARAN COVID-19, DUA KELUARGA DI TANJUNGPANDAN POSITIF

Bupati Belitung Sahani Saleh (Sanem).
SatamExpose.com/Ferdi Aditiawan

TANJUNGPANDAN, SATAMEXPOSE.COM - Bupati Belitung Sahani Saleh (Sanem) mengatakan adanya cluster keluarga dalam penyebaran virus corona di Kabupaten Belitung.

 

Saat ini ada enam pasien terkonfirmasi positid Covid-19 yang terdiri dari dua keluarga yang bertempat tinggal di Tanjungpandan. Satu diantaranya keluarga berstatus warga negara asing (WNA) asal Prancis.

 

"Jadi yang positif Covid-19 ini sudah masuk dalam kategori istilah kluster keluarga. Karena sudah terjadi penularan antara satu orang dengan orang lain," kata Sanem kepada wartawan, Rabu (23/9/2020).

 

Satuan Tugas (Satgas) penanganan dan pencegahan Covid-19 Kabupaten Belitung akan melakukan tracking semaksimal mungkin untuk menelusuri kemungkinan penularan terhadap orang lain.

 

Terutama menanyakan kepada pasien apakah pernah kontak dengan orang lain atau tidak. Apabila pernah kontak dengan pasien ini, maka akan dilakukan swab secara langsung.

 

"Jadi tidak rapid test lagi, langsung di swab. Biar semuanya jelas, terpapar atau tidaknya pasien, karena apabila rapid test, bisa saja reaktifnya terpapar virus lain," ujar Sanem.

 

Sanem juga menambahkan kasus Covid-19 yang terbaru ini merupakan dua keluarga yang berbeda. Khusus untuk JN (60), warga asal Prancis, IL (52) dan NA (9) merupakan satu keluarga yang pernah melakukan perjalan ke Prancis.

 

Sedangkan untuk pasien SS (57), WS (63) yang merupakan pasangan suami istri, pernah melakukan perjalanan ke Jakarta. Namun untuk pasien BS (55) merupakan keluarga dari SS dan WS.

 

"Jadi apabila ada orang-orang yang pernah berhubungan dengan pasien-pasien ini diminta kesadarannya agar segera melapor supaya bisa dilakukan uji cepat. Tapi Alhmadulilah sejauh ini hasil uji cepat yang dilkasnakan belum ditemukan penambahan pasien dari kluster enam orang pasien yang terpapar Covid-19 ini," sebut Sanem. (fat)



 

Portal Media Online Masa Kini Yang Menyajikan Berita Aktual, Kredibel, Independen dan Terpecaya .Apabila terdapat kesalahan, koreksi, duplikasi dan atau mengandung informasi yang bersifat palsu atau tidak benar (Hoax) dapat menghubungi Tim Redaksi melalui kontak yang tersedia. Terima Kasih telah menjadi pembaca setia SATAMEXPOSE.COM.