Agustus 28, 2020

PEMBUKAAN LAHAN UNTUK PERTANIAN, LAHAN SELUAS SATU HEKTAR DI AIK RAYAK TERBAKAR

Petugas Damkar berupaya memadamkan api yang melalap
semak belukar di Desa Aik Rayak. IST

TANJUNGPANDAN, SATAMEXPOSE.COM - Api melalap sebuah lahan gambut yang terletak di Desa Aik Rayak, Kecamatan Tanjungpandan, Belitung, Jumat (28/8/2020) malam sekira pukul 20.00 WIB.

 

Belakangan diketahui penyebab terbakarnya lahan seluas satu hektar yang berisi semak belukar ini, karena disebabkan oleh pembukaan lahan pertanian. Lahan yang terbakar ini cukup jauh dari pemukiman.

 

Akibat kebakaran ini, tebasan lahan yang telah dibuat oleh warga sekitar ikut ludes terbakar. Beruntung kobaran api tak meluas usai dipadamkan petugas pemadam kebakaran.

 

Komandan Regu 3 Pemadam Kebakaran (Damkar) Kabupaten Belitung Aryanto mengatakan, pihaknya mendapatkan laporan dari masyarakat bahwa terjadi kebakaran di lokasi tersebut.

 

Satu armada mobil pemadam kebakaran dan empat personel diterjunkan untuk memadamkan kobaran api. Butuh waktu cukup lama untuk memastikan api padam karena lahan yang terbakar cukup luas.

 

"Setelah kurang lebih satu jam berjibaku, akhirnya api bisa dipadamkan tanpa ada korban jiwa. Terkait proses pemadaman, Alhamdulilah tidak ada kendala," ungkap Aryanto saat dihubungi SatamExpose.com, Jumat (28/8/2020) malam.

 

Pemadam Kebakaran Belitung mengimbau kepada masyarakat Belitung agar jangan membuang puntungan rokok sembarangan. Dikarenakan sekarang sudah mulai memasuki musim panas.

 

"Terkhusus dirumah agar tetap waspada, apabila keluar rumah jangan lupa mencabut perabotan berbau listrik yang bisa menyebabkan munculnya api," imbau Aryanto. (fat)

 

Portal Media Online Masa Kini Yang Menyajikan Berita Aktual, Kredibel, Independen dan Terpecaya .Apabila terdapat kesalahan, koreksi, duplikasi dan atau mengandung informasi yang bersifat palsu atau tidak benar (Hoax) dapat menghubungi Tim Redaksi melalui kontak yang tersedia. Terima Kasih telah menjadi pembaca setia SATAMEXPOSE.COM.