Agustus 27, 2020

FRAKSI PDI PERJUANGAN DPRD BELITUNG USULKAN PEMBANGUNAN PATUNG BUNG KARNO DI HALAMAN GEDUNG NASIONAL

Vina Cristyn Ferani. IST

TANJUNGPANDAN, SATAMEXPOSE.COM - Fraksi PDI Perjuangan DPRD Kabupaten Belitung saat ini tengah mengusulkan pembangunan patung sang proklamator bangsa Ir Soekarno di halaman Gedung Nasional Tanjungpandan.

 

Pengusulan patung Presiden Pertama RI ini bertujuan untuk melestarikan dan mengingat nilai-nilai sejarah perjuangan bangsa Indonesia. Lokasi didirikannya patung tersebut juga tak lepas dari rekam jejak sang plokamator.

 

Selain itu berdasarkan jejak sejarahnya, Bung Karno diketahui pernah berkunjung ke Belitung pada 13 September 1950 dan berpidato di Padang Miring atau sekarang menjadi kawasan Gedung Nasional.

 

Hal ini diperkuat dengan catatan yang disimpan di Arsip Nasional RI. Jejak tersebut berupa foto saat Bung Karno mendarat di Bandara Buluh Tumbang yang memperkuat bukti dan jejak sejarahnya di Belitung.

 

"Jadi hal inilah yang membuat kami dari Fraksi PDI Perjuangan DPRD Kabupaten Belitung mengusulkan pembangunan patung Bung Karno," kata anggota fraksi PDI Perjuangan DPRD Belitung Vina Cristyn Ferani kepada awak media, Rabu (26/8/2020).

 

Menurut Vina, selain untuk melestarikan nilai sejarah bangsa, pembangunan patung Bung Karno juga sejalan dengan rencana revitalisasi Gedung Nasional sebagai tempat yang bersejarah.

 

Akan tetapi, lanjut Vina, proses renovasi nantinya tidak boleh mengurangi kondisi tampilan depan bangunan yang sudah ada saat ini, karena memang sejarah tidak boleh diubah.

 

"Dengan dibangunnya patung (Bung Karno) ini, bisa memberikan banyak manfaat baik dari sejarah, pendidikan, serta pariwisata. Salah satunya bisa untuk berswafoto bagi para pengunjung ke Gedung Nasional nantinya yang membuat sisi wisatanya terlihat," tutur Vina Cristyn Ferani.

 

Ia berharap semoga usulan pembangunan patung Bung Karno tersebut dapat direalisasikan oleh Pemerintah Daerah Kabupaten Belitung. Mengingat baik untuk pendidikan generasi muda supaya mengetahui dan menghargai sejarah.

 

"Semoga saja apa yang diusulkan dari Fraksi PDI Perjuangan ini bisa direspon baik dengan Pemkab Belitung," imbuh Vina Cristyn Ferani. (fat)




 

Portal Media Online Masa Kini Yang Menyajikan Berita Aktual, Kredibel, Independen dan Terpecaya .Apabila terdapat kesalahan, koreksi, duplikasi dan atau mengandung informasi yang bersifat palsu atau tidak benar (Hoax) dapat menghubungi Tim Redaksi melalui kontak yang tersedia. Terima Kasih telah menjadi pembaca setia SATAMEXPOSE.COM.