Juli 30, 2020

AKTIVITAS PENERBANGAN DI BANDARA H AS HANANDJOEDDIN ALAMI LONJAKAN SIGNIFIKAN USAI PENERAPAN NEW NORMAL

Suasana penumpang di terminal keberangkatan Bandara H AS
Hanandjoeddin Tanjungpandan, Rabu (29/7/2020).
SatamExpose.com/Ferdi Aditiawan

TANJUNGPANDAN, SATAMEXPOSE.COM - Aktivitas penerbangan di Bandara H AS Hanandjoeddin Tanjungpandan meningkat secara signifikan usai penerapan new normal pada 1 Juli 2020 lalu. Bahkan pada akhir pekan ini, ada 10 jadwal penerbangan dalam satu hari.

 

Executive General Manager Kantor Cabang Bandar Udara H AS Hanandjoedin Tanjungpandan Untung Basuki menyebutkan, dalam sehari rata-rata ada 6-10 penerbangan yang masuk maupun keluar Belitung.

 

"Yang memang sebelumnya selama tiga bulan terakhir kemarin sempat terminate operation (tidak beroperasi) lantaran pandemi Covid-19," kata Untung Basuki kepada Satam Expose.com, Rabu (29/7/2020).

 

Sejauh ini, kata Untung Basuki, terkait delay penerbangan masih bagus dan normal, dengan on time 70-80 persen. Tapi sempat juga terkendala teknis dari pihak maskapai.

 

Sementara hingga saat ini penerbangan internasional masih belum dibuka, karena pemerintah Malaysia belum membuka akses penerbangan ke Tanjungpandan.

 

Untung Basuki juga menambahkan demi memberikan edukasi dan kenyamanan bagi para penumpang, PT Angkasa Pura II mengadakan agenda apel safe travel campaign tentang kampanye keselamatan perjalanan.

 

Kegiatan ini dilakukan bertujuan agar membangkitkan kepercayaan diri masyarakat bahwa bepergian melalui bandara itu aman. Sesuai tagline safe airport, healthy airport, and hygiene airport.

 

"Jadi kegiatan dimulai pagi tadi apel virtual yang dipusatkan di Bandara Soekarno Hatta dan kantor pusat. Dan diikuti secara virtual oleh 19 kantor cabang yang lain. Agenda berikutnya dilanjutkan kampanye di terminal dengan pembagian alat pelindung diri (APD) berupa masker dan demo penggunaan masker, face shield, dan sarung tangan," ujar Untung Basuki.

 

Lanjutnya, pada agenda PT Angkasa Pura II juga membagikan 5 ribu APD yang disiapkan dan dibagikan kepada pengguna jasa bandara. Kemudian sore harinya akan dilakukan disinfeksi terminal bandara guna memastikan bahwa Angkasa Pura mendukung pelaksanaan new normal di Belitung dengan tetap menjaga kebersihan fasilitas yang ada.

 

"Program ini berlangsung selama satu bulan sepuluh hari, sampai 5 September mendatang. Lalu disinfeksi juga akan dilakukan secara kontinyu," pungkas Untung Basuki. (mg1)



Portal Media Online Masa Kini Yang Menyajikan Berita Aktual, Kredibel, Independen dan Terpecaya .Apabila terdapat kesalahan, koreksi, duplikasi dan atau mengandung informasi yang bersifat palsu atau tidak benar (Hoax) dapat menghubungi Tim Redaksi melalui kontak yang tersedia. Terima Kasih telah menjadi pembaca setia SATAMEXPOSE.COM.