Juli 22, 2020

KM BAHARI TERBAKAR SAAT BERLAYAR DI TENGAH LAUT, BEGINI NASIB 26 ABK-NYA

KM Bahari Indonesia yang terbakar di Laut Jawa,
Selasa (21/7/2020).

TANJUNGPANDAN, SATAMEXPOSE.COM - Kapal roro KM Bahari Indonesia milik jasa pelayaran PT Fajar Bahari Nusantara terbakar saat berlayar di perairan Laut Jawa, Selasa (21/7/2020).

 

Sebelumnya sempat beredar kabar, kapal tersebut terbakar di perairan Belitung. Namun dipastikan, terbakarnya kapal tersebut di perairan Laut Jawa, tepatnya di perairan antara Jakarta dan Pulau Bangka.

 

Hal ini diungkapkan oleh Petugas Keselamatan berlayar penjagaan dan patroli Kesyahbandaran dan Otoritas Pelabuhan (KSOP) Kelas IV Tanjungpandan Harsyah Fadli kepada SatamExpose.com, Rabu (22/7/2020).

 

Harsyah Fadli mengatakan Kapal yang berisikan 26 Anak Buah Kapal (ABK) serta 18 unit mobil truk tersebut terbakar pada titik koordinat 04 10 30 S - 107 09 47 E.

 

"Jadi masih masuk perairan Pulau Jawa, 89 mil lagi dari perairan Pulau Belitung," kata Harsyah Fadli.

 

Harsyah Fadli menambahkan, kapal tersebut berangkat dari Jakarta hendak menuju ke Pontianak, akan tetapi di tengah pelayarannya, bagian main deck (tempat penyimpanan) kapal tiba-tiba terbakar.

 

Kemungkinan api bersumber dari kendaraan yang diangkut. Beruntung pasca terbakarnya kapal itu, 26 ABK langsung diselamatkan oleh kapal KM Samudera Jaya Abadi tujuan pelabuhan Ketapang yang kebetulan melintas.

 

"Info terakhir semua ABK nya selamat, dan saat ini sudah dibawa ke pelabuhan ketapang," ujar Harsyah Fadli.

 

Terkait masalah ini, KSOP Tanjungpandan telah menghubungi Kansar Pangkal Pinang, agen kapal Fajar Bahari, serta menyampaikan informasi tab ke SROP, KSOP Pontianak untuk bisa mem-broadcast dan memonitor perkembangan informasi.

 

"Selanjutnya Kementerian Perhubungan Laut langsung mengirimkan kapal KM Alogara milik KPLP ke lokasi kejadian. Terkait evakuasi kapal, akan dilihat terlebih dahulu tenggelam atau tidaknya," tukas Harsyah Fadli. (mg1)


Portal Media Online Masa Kini Yang Menyajikan Berita Aktual, Kredibel, Independen dan Terpecaya .Apabila terdapat kesalahan, koreksi, duplikasi dan atau mengandung informasi yang bersifat palsu atau tidak benar (Hoax) dapat menghubungi Tim Redaksi melalui kontak yang tersedia. Terima Kasih telah menjadi pembaca setia SATAMEXPOSE.COM.