Juli 01, 2020

KETURUNAN KA RAHAT TERIMA POTONGAN TUMPENG SAAT PARIPURNA HJKT KE-182

Bupati Belitung Sahani Saleh, Wabup Isyak Meirobie dan
Ketua DPRD Ansori saat Paripurna HJKT, Rabu (1/7/2020).


TANJUNGPANDAN, SATAMEXPOSE.COM – Bupati Belitung Sahani Saleh (Sanem) dan Ketua DPRD Ansori menyerahkan potongan tumpeng kepada dua tokoh yang terlibat dalam sejarah Hari Jadi Kota Tanjungpandan (HJKT) dalam Paripurna HJKT ke-182, Rabu (1/7/2020).

Kedua tokoh tersebut yakni Ketua Forum Perdukunan dan Adat Belitung (FKAB) Mukti dan perwakilan keluarga Cakraningrat KA Rahat, KA Safrudin.

Sanem mengatakan pemberian tumpeng tersebut sebagai bentuk penghargaan atas jasa mereka dalam pembentukan dan pembangunan Belitung. Terkhusus keluarga atau keturunan KA Rahat yang merupakan Depati Cakraningrat kali pertama Belitung terbebas dari penjajahan bangsa asing.

"Intinya agar semua tidak lupa, karena sejarah sebagai acuan untuk melakukan evaluasi dalam pembangunan daerah di Belitung," kata Sanem setelah acara kepada awak media.

Ketua DPRD Ansori serahkan
potongan tumpeng kepada KA Safrudin.
Sanem juga meminta masyarakat pada peringatan HJKT ke-182 ini agar menyadari bahwa Pulau Belitung merupakan daerah tujuan wisata. Sehingga harus bisa menjaga kebersihan, keamanan dan kedamaian.

"Intinya jangan hanya taunya berdagang seperti di tengah kota, terus dapat uang. Tapi tidak memikirkan perihal lain, kedepan ini saya harap harus sama-sama menjaga," ungkap Sanem.

Pemerintah Daerah dalam rangka menyambut HJKT tahun ini sudah meminta kepada seluruh elemen masyarakat untuk berpartisipasi. Yakni dengan memasang spanduk, umbul-umbul, menyampaikan ucapan melalui media, serta menjaga kebersihan.

"Disisi lain juga, konteks HJKT ini tidak semata-mata berkaitan dengan Kota Tanjungpandan saja, tapi  memperkenalkan secara dunia. Dibuktikan dengan Belitung sudah menjadi anggota WWF yang berkaitan dengan pariwisata," beber Sanem.

Bupati Belitung serahkan potongan tumpeng
kepada Ketua FKAB Mukti.
Sementara itu Wakil Gubernur Provinsi Bangka Belitung Abdul Fatah mengucapkan selamat HJKT ke-182 tahun. Ia berpesan kepada Kabupaten Belitung agar terus giat dalam pengembangan sektor pariwisata.

"Terutama di Tanjung Kelayang, dengan apa yang sudah dilakukan Pak Bupati sekarang ini. Mudah-mudahan bisa menjadi nilai tambah didalam membangun pertumbuhan ekonomi di Bangka dan Belitung," kata Abdul Fatah melalui video converence di hadapan tamu undangan yang hadir.

Abdul Fatah mengatakan, Pemprov Babel saat ini  sedang dalam tahap penggarapan sektor pertanian. Tentunya dengan adanya penggarapan itu, bisa membuat Kabupaten Belitung sejalan dan beiringan dengan pemprov.

"Tentunya hal ini akan bermanfaat sekali, saya ingin kalau ada lahan yang masih kosong di Tanjungpandan agar dimanfaatkan. Sehingga pertumbuhan ekonomi masyarakat bisa mengalami peningkatan melalui ketahanan pangan," ujar Abdul Fatah.

Foto bersama Paripurna HJKT ke-182.
Rapat Paripurna I Masa Persidangan III ini dihadiri oleh ratusan tamu undangan dari berbagai kalangan dengan mengenakan pakaian adat, mulai dari pejabat pemkab, unsur Forkompimda, tokoh masyarakat, pemuda, agama, adat, serta keturunan keluarga besar KA Rahat.

Kegiatan dimulai dengan pembacaan ayat suci al-quran, dilanjutkan dengan menyanyikan lagu indonesia raya. Rapat dipimpin dan dibuka secara resmi oleh Ansori yang dilanjutkan sambutan dari Bupati Belitung dan Wagub Babel melalui video conference. (ikl/mg1)

Portal Media Online Masa Kini Yang Menyajikan Berita Aktual, Kredibel, Independen dan Terpecaya .Apabila terdapat kesalahan, koreksi, duplikasi dan atau mengandung informasi yang bersifat palsu atau tidak benar (Hoax) dapat menghubungi Tim Redaksi melalui kontak yang tersedia. Terima Kasih telah menjadi pembaca setia SATAMEXPOSE.COM.