Juli 22, 2020

KEMENAG BELITUNG PANTAU HILAL PENENTUAN 1 DJULHIJJAH DI PANTAI TANJUNGPENDAM

Wartawan SatamExpose.com Ferdi Aditiawan ikut memantau
hilal di Pantai Tanjungpendam, Selasa (21/7/2020). IST

TANJUNGPANDAN, SATAMEXPOSE.COM - Kementerian Agama Kabupaten Belitung melaksanakan rukyatul hilal awal Dzulhijjah 1441 Hijriyah di kawasan Pantai Tanjungpendam, Tanjungpandan, Selasa (21/7/2020).

 

Kegiatan pemantauan menggunakan satu instrumen teleskop/theodolid/kamera. Kegiatan tersebut dilaksanakan sesuai surat Direktur Urusan Agama Islam Kemenag RI Nomor BIM.1014/Dt.III.I/HK.03.2/04/2020.

 

"Jadi diinstruksikan pelaksanaan rukyatul hilal ditengah pandemi Covid-19 ini dengan membatasi jumlah undangan, sehingga menyesuaikan dengan prosedur protokol kesehatan serta menjaga jarak dan pakai masker," kata Kepala Kantor Kemenag Belitung Masdar Nawawi kepada SatamExpose.com, Selasa (21/7/2020)

 

Dia menuturkan pemantauan hilal tersebut dilakukan agar mewujudkan kebersamaan Kemenag Kabupaten Belitung, instansi terkait, dan ormas Islam dalam mendukung Kemenag RI dalam mengambil keputusan Penetapan awal Dzulhijjah 1441 H/2020 M. 

 

Selanjutnya juga agar terciptanya persatuan umat dalam beribadah. Baik lahir maupun batin, sehingga tercipta juga kehidupan yang penuh dengan toleransi, serta mengedukasi masyarakat.

 

Dia menyampaikan dari 82 titik pantau di seluruh Indonesia, Pantai Tanjungpendam menjadi satu dari tiga lokasi pemantauan di Bangka Belitung. Oleh sebab itu, lanjutnya, jika di wilayah Belitung tak terlihat maka Kementerian Agama akan menunggu laporan dari 81 wilayah lainnya.

 

"Berdasarkan hasil pemantauan, hilalnya tidak terlihat karena terlindung awan. Sebenarnya tadi cerah, tapi mungkin faktor alam seperti hujan jadi tidak terlihat," ujar Masdar Nawawi.

 

Dia juga menambahkan penetapan 1 Dzulhijah berkaitan dengan penentuan Hari Raya Iduladha yang jatuh pada 10 Dzulhijah. Sehingga Kementerian Agama akan menggelar sidang isbad untuk menetapkannya.

 

Adapun hasil rukyatul hilal awal zulhijjah 1441 H ini akan disampaikan kepada Kepala Kantor Kementerian Agama Provinsi Kepulauan Bangka Belitung melalui Kabid Bimas Islam guna diteruskan ke Kementerian Agama RI di Jakarta.

 

Hasil ini sebagai dasar Menteri Agama melaksanakan sidang Isbath bakda magrib malam tadi. Pelaksanaan rukyatul hilal ini diselenggarakan bekerja sama dengan Kesra Setda Pemerintah  Kabupaten Belitung, Pengadilan Agama Belitung, Badan Pertanahan Nasional, MUI, dan Ormas Islam Kabupaten Belitung. (mg1)


Portal Media Online Masa Kini Yang Menyajikan Berita Aktual, Kredibel, Independen dan Terpecaya .Apabila terdapat kesalahan, koreksi, duplikasi dan atau mengandung informasi yang bersifat palsu atau tidak benar (Hoax) dapat menghubungi Tim Redaksi melalui kontak yang tersedia. Terima Kasih telah menjadi pembaca setia SATAMEXPOSE.COM.