Juli 26, 2020

HARI RAYA IDUL ADHA SEBENTAR LAGI, PEMBELI KUE LEBARAN MASIH SEPI

Para pedagang kue lebaran mulai jajakan dagangan di
kawasan Jalan RE Martadinata, Tanjungpandan.

TANJUNGANDAN, SATAMEXPOSE.COM - Empat hari menjelang perayaan Hari Raya Idul Adha 1441 Hijriyah, penjual musiman kue lebaran mulai membuka lapak di kawasan Pasar Tradisional Tanjungpandan.

 

Meski Hari Raya Idul Adha semakin dekat, namun penjualan para pedagang musiman ini belum melonjak. Hal ini dikeluhkan para pedagang karena minat beli masyarakat menurun.

 

Salah satu pedagang kue lebaran di Pasar Tanjungpandan Ira mengaku, penjualan kue saat belum terlalu ramai. Hal ini menyebabkan minimnya pendapatan.

 

"Saat ini terpantau belum terlalu ramai. Biasanya melonjak H-3 sebelum perayaan. Terkait penghasilan perhari untuk saat ini 600 ribu sampai 700 ribu, cukuplah untuk kebutuhan," ungkap Ira, Minggu (26/7/2020).

 

Para pedagang menjajakan berbagai macam kue yang umum dihidangkan saat lebaran, seperti kacang- kacangan, kue kering, dan jenis lainnya. Harganya bervariasi dari Rp 30 ribu sampai Rp 50 ribu.

 

"Untuk kue yang dijual sebagian didatangkan dari luar Belitung. Ada juga hasil produksi sendiri,"  kata Ira.

 

Perempuan yang sudah berjualan kue selama 20 tahun ini juga menambahkan untuk stok kue yang dijual pada momen perayaan Idul Adha ini tidak terlalu banyak seperti perayaan Idul Fitri.

 

Hal ini, menurut ira, karena minat masyarakat untuk membeli kue pada perayaan hari raya kurban tidak terlalu antusias seperti Idulfitri. "Stok kue hanya tinggal sedikit, karena tidak terlalu banyak dengan modal puluhan juta. Berbeda dengan Idulfitri yang sampai ratusan juta," sebut Ira. (mg1)


Portal Media Online Masa Kini Yang Menyajikan Berita Aktual, Kredibel, Independen dan Terpecaya .Apabila terdapat kesalahan, koreksi, duplikasi dan atau mengandung informasi yang bersifat palsu atau tidak benar (Hoax) dapat menghubungi Tim Redaksi melalui kontak yang tersedia. Terima Kasih telah menjadi pembaca setia SATAMEXPOSE.COM.