Juni 08, 2020

SELAMA TIGA BULAN DPRD BELITUNG TAK DINAS LUAR KARENA COVID-19, PENDAPATAN BERKURANG? BEGINI KATA KETUA DPRD

Ketua DPRD Kabupaten Belitung Ansori.
SatamExpose.com/Ferdi Aditiawan


TANJUNGPANDAN, SATAMEXPOSE.COM - Sejak merebaknya pandemi Covid-19, DPRD Kabupaten Belitung tidak melaksanakan kegiatan kunjungan kerja ataupun Dinas Luar (DL) selama tiga bulan terakhir.

Ketua DPRD Kabupaten Belitung Ansori mengatakan, hal tersebut tidak terlalu berdampak pada kinerja para anggota dalam menjalankan tugas pokok dan fungsi (tupoksi) sebagai wakil rakyat, baik itu fungsi pengawasan atau refocusing anggaran.

"Tidak terlalu berpengaruh, cuma saja seharusnya kegiatan pembangunan dan pengaplikasianya yang harus dijemput bola, tidak bisa dilaksanakan, karena ditunda sementara waktu," kata Ansori kepada SatamExpose.com, Senin (8/6/2020).

"Tapi bagi para anggota dewan secara pribadi berpengaruh atau tidaknya, saya kurang mengetahui. Karena dalam hal ini menyangkut pribadi masing-masing," lanjut Ansori.

Ansori menuturkan, tidak dapat melaksanakan DL bukanlah hal yang harus dipermasalahkan oleh DPRD Kabupaten Belitung. Menurut Ansori, hal ini menyangkut kebaikan bersama.

"Jadi bukan masalah, tidak akan mengurangi fungsi dewan dalam menjalankan tugas," ujar Ansori.

Ansori menambahkan anggaran yang awalnya biasa digunakan untuk DL, semuanya sudah dialihkan dan dimasukkan kedalam refocusing anggaran untuk kegiatan sosial dan penanganan Covid-19.

"Saat anggaran itu dibutuhkan berdasarkan peraturan menteri, dipastikan Kabupaten Belitung siap," ucap Ansori.

Lebih lanjut ansori mengatakan efisiensi dan efektivitas anggaran tidak mengacu kepada para anggota dewan karena tidak melaksanakan DL.

"Hal ini masih lumrah-lumrah saja, kalau penghasilan berkurang itu tentatif ya, bagaimana kita menyikapi itu, dewan masih digaji tidak hanya dari uang DL," sebut Ansori. (mg1)

Portal Media Online Masa Kini Yang Menyajikan Berita Aktual, Kredibel, Independen dan Terpecaya .Apabila terdapat kesalahan, koreksi, duplikasi dan atau mengandung informasi yang bersifat palsu atau tidak benar (Hoax) dapat menghubungi Tim Redaksi melalui kontak yang tersedia. Terima Kasih telah menjadi pembaca setia SATAMEXPOSE.COM.