Juni 16, 2020

INGIN JENGUK KELUARGANYA DI BELTIM, PRIA 28 TAHUN INI TERDETEKSI POSITIF COVID-19 DI BELITUNG

Ilustrasi Covid-19. Net


TANJUNGPANDAN, SATAMEXPOSE.COM – Pasien positif Covid-19 di Kabupaten Belitung kembali bertambah, Selasa (16/6/2020). Namun satu pasien positif Covid-19 terbaru ini bukan warga Belitung, namun warga Toboali, Bangka Selatan.

Pasien tersebut bernomor 1175 dengan jenis kelamin laki-laki berumur 28 tahun. Pasien 1175 merupakan pasien ke-17 terkonfirmasi positif Covid-19 di Kabupaten Belitung.

"Yang bersangkutan ini dinyatakan positif, kami ketahui usai pasien melakukan uji PCR swab tenggorokan," kata Juru Bicara Tim Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Kabupaten Belitung dr Hendra dalam pers rilis yang diterima SatamExpose.com.

Pria yang juga menjabat Direktur RSUD dr H Marsidi Judono ini mengatakan, Pasien 1175 datang ke Belitung pada 9 Juni 2020 lalu menggunakan kapal feri tujuan Sadai-Tanjung Ru, Desa Pegantungan, Badau. Ia berkepentingan menjenguk keluarganya di Beltim.

"Sebelum berangkat ke Belitung pasien ini sudah melakukan pemeriksaan rapid test di Bangka, hasilnya non reaktif.  Tapi tanggal 15 Juni kemarin, pasien ini melakukan rapid test di salah satu klinik swasta di Tanjungpandan, yang digunakan untuk pulang ke Bangka, ternyata hasilnya reaktif," papar dr Hendra.

Berhubungan hasil rapid test-nya pasien reaktif, maka dirujuk ke RSUD untuk dilakukan pemeriksaan lebih lanjut. Petugas medis RSUD dr H Marsidi Judono Belitung memutuskan untuk melakukan rapid test ulang dan hasilnya tetap reaktif.

"Pagi tadi kami lakukan test swab pertama PCR hasilnya positif. Pasien ini adalah yang ke-17 terkonfirmasi positif, dan lima diantaranya sudah sembuh," ujar dr Hendra.

dr Hendra menambahkan, sampai saat ini pusat deteksi dan isolasi Covid-19 RSUD dr H Marsidi Judono sedang mengisolasi dan merawat 12 orang pasien positif Covid-19, 2 orang tanpa gejala (OTG) dengan hasil rapid test reaktif, dan satu orang Pasien Dalam Pengawasan (PDP).

"Total keseluruhan terdapat 15 orang pasien yang dirawat. Kami minta kepada masyarakat yang pernah kontak dengan pasien positif Covid-19 ini, agar datang ke RSUD untuk melakukan rapid test," pinta dr Hendra. (mg1)

Portal Media Online Masa Kini Yang Menyajikan Berita Aktual, Kredibel, Independen dan Terpecaya .Apabila terdapat kesalahan, koreksi, duplikasi dan atau mengandung informasi yang bersifat palsu atau tidak benar (Hoax) dapat menghubungi Tim Redaksi melalui kontak yang tersedia. Terima Kasih telah menjadi pembaca setia SATAMEXPOSE.COM.