Mei 05, 2020

RATUSAN KILOGRAM CUMI DAN BAWAL LAUT LUDES DIBELI WARGA, HASIL BAZZAR DIDONASIKAN KE MASYARAKAT TERDAMPAK COVID-19

Petugas melayani warga dalam bazzar, Selasa (5/5/2020).
SatamExpose.com/Ferdi Aditiawan

TANJUNGPANDAN, SATAMEXPOSE.COM – Ratusan kilogram cumi potong beku dan ratusan ekor bawal laut ludes dibeli warga dalam beberapa jam saat Bazzar Amal, Selasa (5/5/2020) di Kantor Dinas Kelautan Kabupaten Belitung.

Antusiasme warga membeli hasil laut ini karena murahnya harga jual dalam bazzar tersebut. Cumi potong beku perpack seberat 1,5 kilogram hanya dijual Rp 30 ribu. Sedangkan ikan bawal laut hanya dijual Rp 10 ribu perekor.

Total sebanyak 220 packing cumi potong beku dan 260 ekor bawal laut habis dibeli warga. Mayoritas pembeli merupakan ibu rumah tangga yang memiliki kupon bazzar ini.

Bazzar Amal ini digelar PT Belitung Berkah Mandiri (BBM) dan Dinas Kelautan Kabupaten Belitung serta Satpolairud Polres Belitung.  Hasil penjualan dalam bazzar ini akan didonasikan kepada masyarakat terdampak Covid-19.

Selain teknis pembelian menggunakan kupon, pembeli tidak diperkenankan turun dari sepeda motor. Ini untuk mengurangi interaksi antar warga maupun dengan petugas bazzar sebagai antisipasi penyebaran Covid-19.

Kegiatan bazzar ini dibuka langsung Bupati Belitung Sahani Saleh (Sanem) pada pukul 9.00 WIB. Namun antrean warga untuk membeli hasil laut dengan harga murah ini sudah terjadi sebelum bazzar dibuka.

"Alhamdulillah semuanya berjalan lancar, meskipun ada kekurangan yang mesti kami perbaiki jika ada kegiatan selanjutnya," kata Kepala Dinas Kelautan Kabupaten Belitung Firdaus Zamri kepada SatamExpose.com disela bazzar.

Panitia membagikan dua macam kupon kepada warga untuk membeli dalam bazzar ini, yakni kupon warna kuning dan merah. Tingginya antusiasme warga membuat banyak warga yang tak kebagian kupon tersebut.

Dinas Kelautan berencana untuk kembali menggelar bazzar serupa. Hal ini karena tingginya animo masyarakat dalam berpartisipasi dalam bazzar tersebut. Pelaksanaan bazzar kedepannya diharapkan akan lebih baik lagi.

"Rencana nya ada tapi sistem pelaksanaannya akan kami evaluasi. Jadi nanti social distancing-nya bener-bener terjaga," kata Firdaus Zamri. (mg1)

Portal Media Online Masa Kini Yang Menyajikan Berita Aktual, Kredibel, Independen dan Terpecaya .Apabila terdapat kesalahan, koreksi, duplikasi dan atau mengandung informasi yang bersifat palsu atau tidak benar (Hoax) dapat menghubungi Tim Redaksi melalui kontak yang tersedia. Terima Kasih telah menjadi pembaca setia SATAMEXPOSE.COM.