Ticker

6/recent/ticker-posts

PASIEN 138 DINYATAKAN SEMBUH DARI COVID-19, SAHANI SALEH SEBUT BELITUNG KEMBALI JADI ZONA HIJAU

Ilustrasi Covid-19. IST


TANJUNGPANDAN, SATAMEXPOSE.COM – Pasien 138 berjenis kelamin perempuan dan berusia 44 tahun asal Kabupaten Belitung dinyatakan sembuh dari Covid-19, Selasa (12/5/2020).

Pasien yang dinyatakan positif Covid-19 keempat di Kabupaten Belitung ini merupakan hasil tracking Pasien 34 atau pasien pertama positif Covid-19. Pasien ini juga tinggal serumah dengan Pasien 440 yang sudah dinyatakan sembuh terlebih dulu.

Ketua Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Kabupaten Belitung Sahani Saleh (Sanem) menyebutkan pihak RSUD dr H Marsidi Judono sudah menerima hasil pemeriksaan swab dari Puslitbangkes Biomedis dan Tekhnologi Kesehatan Dasar Kemenkes RI Jakarta, Senin (11/5/2020).

"Alhamdulilah semua pasien positif covid-19 di Belitung sembuh setelah mendapatkan perawatan dan penanganan di RSUD Marsidi Judono Tanjungpandan," ungkap Sanem dalam pers rilis yang diterima SatamExpose.com Selasa (12/5/2020).

Sebelumnya Pasien 138 melakukan pemeriksaan rapid test pertama, pada tanggal (1/4/2020) lalu dengan hasil reaktif. Petugas kesehatan lalu melakukan pengambilan spesimen swab tenggorokan satu dan dua dengan hasil semuanya negatif.

Namun dua pekan setelahnya atau pada tanggal 15 April 2020, keluarga terdekat yakni Pasien 440 dinyatakan positif Covid-19. Sehingga Pasien 138 mulai diisolasi di RSMJ guna dilakukan uji PCR swab tenggorokan ketiga tanggal 13 April 2020.

"Pasien 138 dinyatakan sebagai pasien positif Covid-19 keempat di Kebupaten Belitung dan ketujuh di Provinsi Kepulauan Bangka Belitung," lanjut Sanem.

Pasien 138 dirawat dan diisolasi sampai sembuh di RSJM selama 28 hari dalam kondisi sehat serta tidak ditemukan gejala klinis apapun sampai yang bersangkutan dinyatakan sembuh.

"Hari ini Pasien 138 kembali akan melaksanakan karantina di SKB selama 10 sampai 14 hari ke depan," kata Sanem.

Saat ini, RSJM masih merawat satu pasien positif Covid-19, yaitu Pasien 750 yang merupakan pasien positif kelima yang di rawat dan diisolasi dan serta satu pasien ODP dengan rapid test reaktif.

RSMJ akan mengirim kembali spesimen sampel dua pesien yang sedang dirawat untuk uji PCR ke Puslitbangkes Biomedis dan Tekhnologi Dasar Kemenkes RI di Jakarta besok, Rabu (13/5/2020).

"Kita berdoa semoga kedua spesimen tersebut hasilnya negatif. Sehingga Kabupaten Belitung menjadi zona hijau kembali," tutur Sanem.

Ia mengimbau masyarakat tetap waspada dan semangat dalam menjalankan seluruh instruksi pemerintah daerah maupun pusat demi memutus rantai penularan Covid-19.

"Senantiasa berdoa agar kita semua dapat melalui bencana non alam ini dengan tidak menimbulkan banyak korban," imbau Sanem. (mg1)