Mei 26, 2020

PANTAI TANJUNG TINGGI LUMAYAN RAMAI PENGUNJUNG SAAT LIBUR LEBARAN, TAK ADA POSKO PENGAMANAN MAUPUN PENANGANAN COVID-19

Suasana di kawasan Pantai Tanjung Tinggi, Senin
(25/5/2020).
SatamExpose.com/Ferdi Aditiawan

SIJUK, SATAMEXPOSE.COM – Kawasan wisata Pantai Tanjung Tinggi di Kecamatan Sijuk terlihat ramai dikunjungi masyarakat pada H+1 Hari Raya Idulfitri 1441 Hijriyah atau Senin (25/5/2020).

Tak hanya itu, para pedagang juga membuka kembali warung seperti biasa di kawasan ini. Padahal sebelumnya saat pandemi Covid-19 ada arangan mengunjungi tempat obyek wisata tersebut.

Meskipun aktivitas ramai, tak ada posko yang didirikan pemerintah guna mengawasi para pengunjung di tengah pandemi Covid-19. Kepala Desa Tanjung Tinggi Sudarmo menyesalkan tidak adanya posko di lokasi wisata ini.

Sudarmo mengatakan, terhitung sejak hari pertama lebaran memang tidak terlihat adanya posko pengamanan ataupun penanganan Covid-19 di seputaran pantai.

"Sebenarnya kami sudah menunggu konfirmasi dari tim gugus tugas, namun tidak ada tindak lanjut. Karena biasanya H-2 sebelum lebaran posko sudah didirikan. Ini tidak ada sama sekali," kata Sudarmo kepada SatamExpose.com, Selasa (26/5/2020).

Ia mengeluhkan tidak adanya pendirian semacam posko seperti perayaan lebaran tahun-tahun sebelumnya. Terlebih saat ini masa pandemi Covid-19, sehingga protokol kesehatan seperti diabaikan.

"Karena menurut saya pendirian posko, terutama Covid-19 sangat penting. Melihat pandemi di Pulau Belitung saat ini, ditambah suasana lebaran, otomatis tempat wisata akan ramai didatangi pengunjung," ujar Sudarmo.

Sudarmo menambahkan alternatif lain terkait pengamanan, pihak pengelola dan desa hanya memberikan semacam imbauan. Yakni dengan memasang spanduk agar para pengunjung agar tetap menjalankan protokol kesehatan yang telah ditetapkan.

"Untuk para pengunjung didominasi oleh wisatawan lokal. Tapi walau ramai, tidak seramai dibandingkan tahun-tahun sebelum adanya pandemi Covid-19," papar Sudarmo.

Pantauan SatamExpose.com, Selasa (26/5/2020) di Pantai Tanjung Tinggi hanya terlihat anggota polisi dan pihak Dinas Perhubungan (Dishub) yang melaksanakan patroli. (mg1)

Portal Media Online Masa Kini Yang Menyajikan Berita Aktual, Kredibel, Independen dan Terpecaya .Apabila terdapat kesalahan, koreksi, duplikasi dan atau mengandung informasi yang bersifat palsu atau tidak benar (Hoax) dapat menghubungi Tim Redaksi melalui kontak yang tersedia. Terima Kasih telah menjadi pembaca setia SATAMEXPOSE.COM.