Mei 12, 2020

KAPAL SINGAPURA PENGANGKUT 30 RIBU METRIK TON GULA KANDAS DI PERAIRAN SELAT NASIK, 32 ABK DICEK KESEHATANNYA

Ilustrasi kapal. Net


TANJUNGPANDAN, SATAMEXPOSE.COM – Kapal berbendera Singapura MV Asia Pearl IV GT 22.402 kandas di perairan Pulau Mendanau, Kecamatan Selat Nasik, Belitung, Minggu (10/5/2020) sore.

Kapal pengangkut 30 ribu metrik ton tersebut berlayar dari Sriracha, Thailand menuju Pelabuhan Merak, Banten. Sebanyak 32 anak buah kapal (ABK) dinyatakan selamat dalam peristiwa tersebut.

KSOP Kelas IV Tanjungpandan telah melakukan tindakan dan menyiagakan dua kapal patrol di lokasi kandasnya kapal tersebut. 

“Kondisinya baik dan stabil di sana juga memang sudah ada dua kapal yang telah disiagakan di sana,” kata Petugas Keselamatan Berlayar Penjagaan dan Patroli KSOP Kelas IV Tanjungpandan Fadli, Senin (11 Mei/5/2020).



Kapal tersebut kandas di koordinat 02° 38 ‘079’- 14′ 96″ E pada 2 Mei lalu. Saat ini kapal sedang dilakukan pengurusan perizinan dan penyelamatan serta evakuasi ABK.

Bahkan seluruh ABK telah dilakukan pemeriksaan oleh petugas Kantor Kesehatan Pelabuhan setempat. Saat ini menunggu izin salvage dari Dirjenhubla, Kemenhub untuk proses evakuasi kapal.

“Kondisi kapalnya masih bagus tidak ada kemiringan dan stabil belum ditemukan adanya kebocoran muatan,” lanjutnya.

Ia memastikan kandasnya kapal tersebut tidak akan mengganggu lalu lintas pelayaran, baik keluar maupun masuknya kapal menuju pelabuhan tersebut. Dugaan sementara penyebab kandasnya kapal tersebut adalah human error.

“Memang tidak mengganggu jadi kan kalau dilihat di peta memang di situ ada karang jadi tidak mengganggu lalu lintas kapal lain,” katanya. (als)

Portal Media Online Masa Kini Yang Menyajikan Berita Aktual, Kredibel, Independen dan Terpecaya .Apabila terdapat kesalahan, koreksi, duplikasi dan atau mengandung informasi yang bersifat palsu atau tidak benar (Hoax) dapat menghubungi Tim Redaksi melalui kontak yang tersedia. Terima Kasih telah menjadi pembaca setia SATAMEXPOSE.COM.