Mei 23, 2020

KABAR KESEMBUHAN PASIEN POSITIF COVID-19 NOMOR 750 SEMPAT BAWA BELITUNG KE ZONA HIJAU, NAMUN HANYA BERTAHAN 15 MENIT

Tim Gugus Tugas Percepatan Penangan Covid-19 Kabupaten Belitung
Sahani Saleh. SatamExpose.com/Ferdi Aditiawan


TANJUNGPANDAN, SATAMEXPOSE.COM – Tim Gugus Tugas Percepatan Penangan Covid-19 Kabupaten Belitung sempat menerima kabar menggembirakan usai menerima hasil pengujian spesimen swab tenggorokan kelima dan keenam pasien positif Covid-19 nomor 750, Jumat (22/5/2020).

Dua uji spesimen tersebut, negatif dan membuat pasien ini dinyatakan sembuh dari Covid-19. Pasien 750 ini adalah pasien rujukan dari Belitung Timur yang dirawat di RSUD dr H Marsidi Judono Kabupaten Belitung.

"Iya betul, kami sudah sudah menerima hasil swabnya, dan hasilnya negatif. Pasien ini adalah pasien kelima positif Covid-19 di Pulau Belitung, atau pasien ke 29 di Provinsi Bangka Belitung," ungkap Ketua Gugus Tugas Percepatan Penangan Covid-19 Kabupaten Belitung H Sahani Saleh (Sanem), Jumat (22/5/2020).

Sanem menuturkan pasien yang bersangkutan berjenis kelamin laki-laki berumur 61 tahun, ber-KTP Bekasi, Jawa Barat. Selama di Belitung, pasien ini bekerja di Dusun Air Batu, Desa Batu Itam, Kecamatan Simpang Pesak, Kabupaten Belitung Timur.

"Selama perawatan pasien tidak ditemukan tanda-tanda klinis apapun, selanjutnya pasien akan menjalani transisi kesembuhan di SKB. Setelah itu baru dipulangkan ke daerah asal nya yaitu Bekasi," kata Sanem.

Sanem menambahkan Pasien 750 sudah menjalani isolasi di RSUD dr H Marsidi Judoni sejak 29 april tahun 2020 yang lalu. Selama menjalani perawatan dan isolasi selama 24 hari, Pasien 750 sudah dilakukan pengambilan swab tenggorokan sebanyak enam.

"Pasien ini (750-red) merupakan pasien positif kelima di Pulau Belitung, dan ke 29 di Provinsi Bangka Belitung," ujar Sanem.

Kesembuhan Pasien 750 ini membuat Pulau Belitung benar-benar menjadi zona hijau Covid-19. Namun 15 menit berselang dari kabar kesembuhan Pasien 750 diketahui masyarakat, muncul kabar tiga kasus positif Covid-19.

Kabar ini dikonfirmasi setelah RSUD dr H Marsidi Judono Kabupaten Belitung terkait hasil swab tenggorokan tiga orang pasien, yakni Pasien 921, Pasien 923 dan Pasien 931.

Dua pasien diantaranya merupakan warga Kelurahan Pangkallalang, Tanjungpandan yang baru pulang dari Bangladesh. Yakni Pasien 921, lelaki berusia 44 tahun warga Jalan Ahmad Yani Pasien 923, lelaki berusia 26 tahun warga Jalan Basuki Rahmat.

Keduanya menumpang penerbangan dari Jakarta ke Tanjungpandan pada 16 Mei lalu. Salah satu diantaranya merupakan anak pengusaha kaya raya di Belitung. Sedangkan satu lainnya Pasien 931 merupakan warga Jalan Kamboja 2, Kelurahan Paal Satu, Tanjungpandan. (mg1)

Portal Media Online Masa Kini Yang Menyajikan Berita Aktual, Kredibel, Independen dan Terpecaya .Apabila terdapat kesalahan, koreksi, duplikasi dan atau mengandung informasi yang bersifat palsu atau tidak benar (Hoax) dapat menghubungi Tim Redaksi melalui kontak yang tersedia. Terima Kasih telah menjadi pembaca setia SATAMEXPOSE.COM.