Ticker

6/recent/ticker-posts

DUA PDP YANG MENINGGAL PEKAN LALU DINYATAKAN NEGATIF, PASIEN 034 BELUM SEMBUH COVID-19, HASIL SWAB MASIH POSITIF


Ilustrasi Covid-19. Net

TANJUNGPANDAN, SATAMEXPOSE.COM – Dua Pasien Dalam Pengawasan (PDP) yang meninggal di RSUD dr H Marsidi Judono (RSMJ), Selasa (7/4/2020) malam lalu negatif Covid-19.

Hasil pemeriksaan swab menggunakan Polymerase Chain Reaction (PCR) perempuan berusia 8 tahun dan laki-laki 60 tahun tersebut di Pusat Litbangkes Biomedis dan Tehnologi Dasar Kesehatan Kemenkes menunjukkan hasil negatif.

Direktur RSUD dr H Marsidi Judono dr Hendra dalam pers rilisnya menyebutkan, pihaknya menerima hasil pemeriksaan swab tersebut pada Minggu (12/4/2020).

“Yang membuat kami bisa lebih tenang adalah untuk 2 pasien PDP 279 dan 297 yang meninggal pada hari Selasa malam tanggal 7 April 2020 pukul 18.16 WIB dan pukul 22.37 WIB hasilnya negatif,” sebut dr Hendra.

Selain menerima hasil pemeriksaan swab dua PDP yang meninggal, pihak RSMJ juga menerima hasil pemeriksaan swab milik satu pasien positif Covid-19 dan milik dua PDP yang masih dirawat di RSMJ.

Ia menjelaskan, hasil pemeriksaan swab milik dua PDP negatif. Hasil pemeriksaan swab ini merupakan swab kedua milik kedua PDP tersebut. Kedua PDP tersebut juga akan dipulangkan terkait hasil pemeriksaan dari Kemenkes.

“Sehingga dinyatakan sebagai PDP Negatif covid-19 dan akan segera kami pulangkan karena kondisi kedua pasien tersebutpun sudah sehat dan sudah tidak menunjukkan gejala sama sekali,” terang dr Hendra.

Batal Sembuh

Sedangkan satu pemeriksaan swab lainnya yang merupakan milik pasien positif Covid-19, yakni Pasien 034. Hasil pemeriksaan swab ini kembali menunjukkan positif Covid-19.

Padahal pada pemeriksaan swab sebelumnya atau yang ketiga hasilnya sudah negatif. Seyogyanya Pasien 034 hanya memerlukan satu kali lagi hasil pemeriksaan swab negatif untuk dinyatakan sembuh.

“Dengan keluarnya hasil tersebut artinya pasien positif Covid-19 034 masih tercatat sebagai pasen positif Covid-19 yang dinyatakan belum sembuh,” tambah dr Hendra.

Sesuai prosedurnya, Pasien 034 akan menjalani pemeriksaan swab ulang dua kali lagi, yakni swab kelima dan keenam. Bila hasilnya negatif, maka Pasien 034 baru dinyatakan sembuh. (als)