Desember 03, 2019

ANTISIPASI MEMASUKI MUSIM PENGHUJAN, BUPATI BELITUNG SUSURI ALIRAN SUNGAI SIBURIK, INI YANG DITEMUKANNYA!

Bupati Belitung Sahani Saleh menyusuri Sungai Siburik.
IST/Diskominfo Belitung


TANJUNGPANDAN, SATAMEXPOSE.COM – Bupati Belitung Sahani Saleh berjalan menyusuri kawasan banjir di Tanjungpandan, Senin (2/12/2019). Dua lokasi yang didatangi orang nomor satu di Belitung ini Kampung Amau, Kelurahan Parit dan aliran Sungai Siburik.

Pria yang akrab disapa Sanem ini melakukan pemantauan guna melakukan antisipasi banjir memasuki musim penghujan. Debit air, luas dan kedalaman saluran air serta sampah menjadi perhatian Sanem.

Dikutip dari Diskominfo Belitung, Sanem masih menemukan beberapa tumpukan sampah. Baik itu beberapa titik selokan atau drainase maupun di beberapa titik yang bukan lokasi Tempat Pembuangan Sementara (TPS).




"Ya masih ada tumpukan-tumpukan sampah dan selokan air yang penuh dengan sampah-sampah," ujar Sanem.

Dalam peninjauan ini, Sanem juga telah menyampaikan kepada perangkat desa dan masyarakat di kawasan Kampung Parit dan Amau untuk bekerjasama membersihkan sampah di sekitar aliran sungai.

Hal ini bertujuan agar saat hujan mulai turun, sampah tidak lagi menyebabkan terjadinya banjir karena menyumbat aliran air. Seperti diketahui, beberapa bulan lalu kawasan ini dilanda banjir cukup besar.




"Dan sudah kita sampaikan juga kepada Pak RT, lurah dan masyarakat untuk tolong yang kurang bersih, segera bersama-sama kita bersihkan," tambah Sanem.

Pemkab Belitung berupaya menanggulangi banjir dengan program Kotaku (kota tanpa kumuh) yang merupakan bantuan dari pemerintah pusat. Dari program ini dibangunlah perbaikan di aliran sungai, jalan setapak, gorong-gorong dan lain sebagainya. (*/rdx)

Portal Media Online Masa Kini Yang Menyajikan Berita Aktual, Kredibel, Independen dan Terpecaya .Apabila terdapat kesalahan, koreksi, duplikasi dan atau mengandung informasi yang bersifat palsu atau tidak benar (Hoax) dapat menghubungi Tim Redaksi melalui kontak yang tersedia. Terima Kasih telah menjadi pembaca setia SATAMEXPOSE.COM.