November 30, 2019

BELTIM DAN BELITUNG RAIH DUA PENGHARGAAN INDEKS KELOLA 2019, KETEPATAN ALOKASI BIDANG PENDIDIKAN DAN KESEHATAN

Bupati Belitung Sahani Saleh dan Bupati Beltim
Yuslih Ihza pamerkan dua penghargaan yang diterima.
IST/Diskominfo Beltim

JAKARTA, SATAMEXPOSE.COM - Kabupaten Belitung Timur dan Belitung menyabet dua penghargaan Indeks Kelola 2019 untuk keunggulan dalam Kinerja dan Efektifitas Pengelolaan Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD).

Dua penghargaan dari Katadata Insight Center itu meliputi Apresiasi Ketepatan Alokasi Bidang Pendidikan dan Apresiasi Ketepatan Alokasi Bidang Kesehatan. Penghargaan tersebut diterima langsung Bupati Beltim Yuslih Ihza, Kamis (28/11/2019) malam di Djakarta Teather XXI Sarinah.

Penghargaan pertama untuk Apresiasi Ketepatan Alokasi Bidang Pendidikan diserahkan oleh Direktur Fasilitasi Kepala Daerah dan DPRD Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) RI Budi Santosa yang mewakili Menteri Dalam Negeri RI Tito Karnavian.




Sedangkan untuk penghargaan kedua, yakni Apresiasi Ketepatan Alokasi Bidang Kesehatan diserahkan oleh Chief Operating Officer Katadata Ade Wahyudi. Penyerahan disaksikan oleh Wakil Menteri Keuangan RI Suahasil Nazara, Dirjen Otonomi Daerah Kemendagri Akmal Malik dan tim penilai dari Fakultas Ekonomi dan Bisnis UGM serta ratusan undangan lainnya.

Dikutip dari pers rilis Diskominfo Beltim, Yuslih Ihza mengaku sangat senang dapat memperoleh penghargaan dari Katadata, apalagi bisa sampai mendapatkan dua penghargaan.

Ia tak menyangka sebelumnya inovasi dan kinerja Pemkab Beltim di bidang kesehatan dan pendidikan yang pro masyarakat kecil berbuah hasil. 




"Alhamdulillah senang. Aku gak nyangka bisa dapat dua, aku aja baru tahu pas akhir-akhir waktu nerima surat," kata Yuslih berseri-seri.

Adanya penghargaan menurut Yuslih akan membuat inovasi layanan dan kreativitas pengelolaan APBD meningkat. Bukan hanya di Bidang Kesehatan dan Pendidikan, ke depan ia pun akan memprioritaskan APBD untuk menghasilkan aset bagi daerah.




"Seperti yang Pak Wamen Keuangan sampaikan tadi, yakni bagaimana APBD bisa menghasilkan aset. Bukan hanya aset fisik namun juga aset pembangunan manusia. Aset-aset inilah yang nanti dapat diturunkan dari generasi ke generasi," ujar Yuslih.

Selain Kabupaten Beltim, ada 8 Kabupaten/Kota di Indonesia yang memperoleh dua penghargaan, yakni Kabupaten Belitung, Kabupaten Sumbawa Barat Daya, Kabupaten Sekadau, Kabupaten Yalimo, Kabupaten Banggai Laut, Kabupaten Sumbawa, Kabupaten Asmat dan Kota Sibolga. (*/als)

Portal Media Online Masa Kini Yang Menyajikan Berita Aktual, Kredibel, Independen dan Terpecaya .Apabila terdapat kesalahan, koreksi, duplikasi dan atau mengandung informasi yang bersifat palsu atau tidak benar (Hoax) dapat menghubungi Tim Redaksi melalui kontak yang tersedia. Terima Kasih telah menjadi pembaca setia SATAMEXPOSE.COM.