Oktober 04, 2019

SURAT DARI KEMENTERIAN PAN & RB DITERIMA BKPSDM BELTIM, INI JADWAL PEMBUKAAN PENDAFTARAN CPNS 2019

Ilustrasi ASN. IST/Diskominfo Beltim

MANGGAR, SATAMEXPOSE.COM - Pembukaan pendaftaran seleksi penerimaan CPNS Kabupaten Belitung Timur diperkirakan akan dimulai pada November 2019 mendatang.

Sedangkan seleksi kompetensi dasar akan dilaksanakan pada Februari 2020 mendatang. Hal ini sesuai dengan Surat Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (KemenPAN-RB) yang diterima Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BKPSDM), Selasa (1/10/2019).

Dilansir dari pers rilis Diskominfo Beltim, surat tersebut menyatakan bahwa keterlambatan jadwal tahapan seleksi penerimaan CPNS diakibatkan pengolahan usulan kebutuhan formasi dan penyesuaian dengan surat keputusan Menteri PAN-RB.

Keterlambatan itu membuat pelaksanaan seleksi CPNS formasi tahun 2019 yang semula direncanakan selesai pada akhir tahun 2019, baru dapat dimulai di Oktober 2019.

Kepala BKPSDM Kabupaten Beltim, Yuspian mengatakan jadwal yang diterima masih bersifat tentatif. Namun BKPSDM Beltim belum menerima kepastian formasi CPNS yang akan dibuka.

“Kemungkinan akhir Oktober atau awal November 2019 kita baru terima SK-nya. Makanya begitu sudah kita terima langsung kita umumkan formasinya,” kata Yuspian.

Yuspian mengungkapkan tahapan seleksi dilakukan di dua tahun yang berbeda, hal ini berbeda dengan penerimaan CPNS sebelum-sebelumnya. Tahun 2019 ini tahapan seleksi penerimaan CPNS hanya sebatas Pengumuman, Pendaftaran dan Pengumuman Hasil Seleksi Administrasi.

Sedangkan pelaksanaan Seleksi Kompetensi Dasar (SKD) dan Seleksi Komptensi Bidang (SKB), serta Pengumuman Lolos atau Integrasi nilai SKB di tahun 2020.

“Namun kita juga ada masa sanggah yakni di Januari 2020 di mana pelamar yang tidak lulus dalam seleksi administrasi bisa mengajukan banding. Namun banding hanya untuk hal-hal teknis misalnya datanya yang tidak terbaca dan bukan karena kekurangan syarat,” jelas Yuspian.

Adanya perubahan jadwal itu membuat anggaran seleksi penerimaan di BKPSDM banyak yang tak terpakai. Namun mantan Camat Kelapa Kampit itu mengakui tidak bisa berbuat banyak karena terjadi di seluruh Indonesia.

“Bakal banyak silva, kita siapkan Rp 700 juta untuk seleksi. Otomatis kita alihkan ke tahun 2020,” ujar Yuspian.

Jumlah usulan CPNS untuk formasi 2019 yang diajukan oleh Kabupaten Beltim mencapai 355 orang. Dengan rincian, untuk tenaga teknis 209 formasi, kesehatan 88 formasi dan guru 58 formasi. Sedangkan untuk P3K diberikan kuota 93 orang, dengan formasi tenaga teknis 13 orang, kesehatan 31 orang dan guru 49 orang. (*/als)

Portal Media Online Masa Kini Yang Menyajikan Berita Aktual, Kredibel, Independen dan Terpecaya .Apabila terdapat kesalahan, koreksi, duplikasi dan atau mengandung informasi yang bersifat palsu atau tidak benar (Hoax) dapat menghubungi Tim Redaksi melalui kontak yang tersedia. Terima Kasih telah menjadi pembaca setia SATAMEXPOSE.COM.