Agustus 05, 2019

GELAR EVALUASI PELAKSANAAN PEMILU SERENTAK, KPU BELITUNG BAWA BEBERAPA POIN CATATAN KE RAKERNAS

Rapat evaluasi Pemilu Serentak di KPU Belitung.
SatamExpose.com/Faizal

TANJUNGPANDAN, SATAMEXPOSE.COM – KPU Kabupaten Belitung menggelar Rapat Evaluasi Fasilitas Kampanye Pemilihan Umum Serentak Tahun 2019, Sabtu (3/8/2019).

Rapat evaluasi ini menghasilkan beberapa catatan sebagai bahan perbaikan yang akan disampaikan dalam rapat kerja KPU kabupaten/kota seluruh Indonesia pada 29 Agustus mendatang.

"Ini akan dibuatkan semacam catatan-catatan yang akan dibahas untuk perbaikan-perbaikan pemilu ataupun pemilihan kepala daerah serentak pada 2020," ujar Ketua KPU Kabupaten Belitung Soni Kurniawan.


Soni mengakui adanya beberapa poin menjadi catatan yang disampaikan pemerintah daerah, peserta pemilu, Bawaslu, Kejaksaan dan Polres yang berkaitan dengan tahapan kampanye 2019.

"Ini nanti akan kami rekomendasikan, nanti akan dibahas. Yang berhubungan dengan evaluasi yang kewenangan perubahannya dari KPU RI akan kita sampaikan," sebut Soni.

Soni mengatakan, regulasi yang disesuaikan dengan daerah masing-masing juga akan dibuatkan rekomendasi yang bersifat resmi untuk perubahan lebih baik.


"Banyak hal yang akan kita koreksi untuk melakukan perbaikan. Dalam hal batasan, kewenangan, lokasi dan tingkat kepatuhan. Ini secara umum nanti ketika pelaksanaan proses kampanye, apakah itu pemilihan kepala daerah, ataupun Kampanye pelaksanaan pemilu presiden ataupun legislatif, itu dapat dilaksanakan dengan riang gembira," jelas Soni.

Ditambahkan Soni, peserta pemilu nantinya harus lebih mengerti regulasi yang sudah ada. Jangan sampai karena ketidaktahuan bisa berdampak pada pidana pemilu.

"Rapat ini sangatlah penting sebenarnya, untuk mengevaluasi kedepan, sehingga tidak terjadi adanya kesalahan dalam baik itu Pilkada maupun Pemilu nantinya," tutupnya.


Hanya 6 perwakilan partai yang menghadiri rapat tersebut yakni DPC PDIP Taufik Mardin, DPC Partai NasDem Sulaiman, DPC Partai Demokrat Abdul Jalil, DPC Gerindra Suherman, DPC Partai Hanura Ruspanki dan DPC PPP Ade Faizal.

Selain itu hadir juga Ketua Bawaslu Kabupaten Belitung Heikal Fackar, perwakilan Radio lokal di Belitung, Pokja Wartawan serta 4 orang komisioner KPU yang hadir dalam rapat penting tersebut. (fg6)

Portal Media Online Masa Kini Yang Menyajikan Berita Aktual, Kredibel, Independen dan Terpecaya .Apabila terdapat kesalahan, koreksi, duplikasi dan atau mengandung informasi yang bersifat palsu atau tidak benar (Hoax) dapat menghubungi Tim Redaksi melalui kontak yang tersedia. Terima Kasih telah menjadi pembaca setia SATAMEXPOSE.COM.