Agustus 12, 2019

BANYAK PERMINTAAN DARI RUMAH SAKIT, STOK DARAH GOLONGAN B DI PMI BELITUNG KOSONG

Kepala Markas PMI Belitung Bustami.
SatamExpose.com/Faizal

TANJUNGPANDAN, SATAMEXPOSE.COM – PMI Kabupaten Belitung saat ini kekurangan golongan darah B karena banyaknya permintaan dari rumah sakit. Golongan darah ini tinggal menyisakan 6 kantong darah, namun sudah dipesan keluarga pasien.

Kepala Markas PMI Kabupaten Belitung Bustam menyebutkan, enam kantong terakhir golongan darah B tersebut dari keluarga pasien yang membawa pendonor ke PMI untuk diambil darahnya.

"Stok kosong B, paling untuk darurat. 6 kantong itu pun sudah dimiliki orang karena mereka yang membawa pendonor sendiri," kata Bustami kepada SatamExpose.com, Senin (12/8/2019).



Sedangkan untuk golongan darah lainnya, saat ini masih banyak stok. Diantaranya golongan darah A sebanyak 51 kantong, golongan darah O ada 68 kantong dan golongan darah AB sebanyak 13 kantong.

"Golongan Darah B ini sulit saat ini, karena banyaknya permintaan dari seluruh rumah sakit di Belitung," sebut Bustami.

Sementara itu masih kata Bustam, PMI Kabupaten Belitung rata-rata kumpulkan 300 kantong darah setiap bulannya. Namun hal tersebut diakuinya masih banyak kekurangan.



"Ya masih kurang sih, soalnya banyak yang acak kebutuhan darahnya. Saat ini misalnya kekurangan darah B," jelas Bustami.

Selain itu, dirinya tidak lupa mengucapkan terimakasih terhadap beberapa perusahaan maupun lembaga yang sudah banyak membantu adakan kegiatan donor darah ini.

"Seperti tanggal 15 Agustus nanti di Hotel La Lucia ada donor lagi. Ya memang paling banyak diperoleh (darah) dari kegiatan seperti ini. Kalau untuk orang datang bisa dikatakan tidak mencukupi," pungkas Bustami. (fg6)

Portal Media Online Masa Kini Yang Menyajikan Berita Aktual, Kredibel, Independen dan Terpecaya .Apabila terdapat kesalahan, koreksi, duplikasi dan atau mengandung informasi yang bersifat palsu atau tidak benar (Hoax) dapat menghubungi Tim Redaksi melalui kontak yang tersedia. Terima Kasih telah menjadi pembaca setia SATAMEXPOSE.COM.