Juli 29, 2019

MUSDA DPD KNPI KABUPATEN BELITUNG BERJALAN ALOT, JARWO JADI KETUA TERMUDA SEPANJANG SEJARAH

Miftahudin, Indra Jaya dan Jarwo. IST

TANJUNGPANDAN, SATAMEXPOSE.COM – M Hafrian Fajar terpilih menjadi Ketua DPD KNPI Kabupaten Belitung dalam Musda XIV, Sabtu (27/7/2019). Putra tokoh masyarakat Muhtar Motong ini meraup suara terbanyak dalam voting yang dilakukan.

Musda KNPI kali ini cukup alot dengan memunculkan tiga kandidat calon ketua. Selain Hafrian Fajar atau yang akrab disapa Jarwo, kandidat lainnya yakni Indra Jaya dan Miftahudin.

Bahkan voting yang melibatkan organisasi kepemudaan (OKP) yang tergabung dalam KNPI harus dilakukan ulang karena tiga kandidat meraih hasil seri pada voting pertama.




Ketiga kandidat yang merebutkan 31 suara berhasil meraup masing-masing 10 suara. Sedangkan satu suara lainnya memilih abstain. Sehingga pemilihan dilakukan ulang untuk menentukan ketua.

Pada voting yang dilakukan secara tertutup untuk kali kedua, Jarwo berhasil mengungguli kedua kandidat lainnya dengan meraup 12 suara. Ia unggul satu suara dari Miftahudin yang meraup 11 suara.

Sedangkan Indra Jaya hanya meraup 6 suara atau kehilangan 4 suara dari hasil voting pertama. Sedangkan suara lainnya memilih abstain. Hasil ini menjadikan Jarwo sebagai Ketua KNPI Belitung periode 2019-2022.




Sepanjang sejarah kepengurusan DPD KNPI Kabupaten Belitung, Jarwo tercatat sebagai Ketua KNPI terpilih paling muda. Saat terpilih menjadi ketua, Jarwo baru menginjakkan usianya pada angka 24 tahun.

Jarwo mengaku bersyukur bisa terpilih menjadi Ketua DPD KNPI Kabupaten Belitung pada musda kali ini. Ia mengatakan dalam waktu dekat ini akan segera melakukan pembentukan structural organisasi.

“Alhamdulillah kemarin diakhir sidang telah terpilih 7 orang formatur dan salah satunya saya sebagai ketua terpilih untuk membentuk kepengurusan yang efektif dan efisien,” kata Jarwo kepada SatamExpose.com.

Ia menargetkan pembentukan struktur ini selesai pada satu bulan kedepan dan segera dilakukan pelantikan pengurus. Ia berharap formatur yang terpilih untuk membentuk struktur organisasi bekerja efektif dan efisien.

Baca Juga :

Asisten I Buka Musda KNPI Kabupaten Belitung, 25 OKP Tergabung dan Terealisasi Hingga Saat Ini

Tak Maju Lagi Dalam Bursa Pencalonan Ketua KNPI, Topan Minta Kandidat Calon Bersaing Secara Sehat

“Pembentukan formatur hingga terbentuk ini satu bulan, dengan harapan formatur ini benar-benar yang efektif, efisien dan mumpuni sehingga bisa menjalankan roda organisasi dengan baik,” jelas Jarwo.

Jarwo menambahkan, kepengurusan baru nanti akan lebih ramping karena tidak memikirkan kuantitas atau jumlah. Namun pengurus yang masuk struktur akan dilakukan secara selektif dengan mempertimbangkan kualitas.

“Kita tidak perlu memikirkan kuantitas dalam kepengurusan, karena kita selektif sekali dalam memilih kepengurusan,” tambah Jarwo.




Ia juga memprioritaskan pengurus baru berusia dibawah 30 tahun dengan mengedepankan pemuda yang mampu menjalankan roda organisasi tanpa bisa ditunggangi dengan kepentingan-kepentingan lain.

“Harapannya mereka betul-betul free mengurus organisasi tidak terpecah belah dengan urusan rumah tangga dan lain sebagainya,” sebut Jarwo.

Jarwo juga memberi gambaran para pengurus baru terdiri empat unsur. Yakni dari pengurus domisioner, OKP yang tergabung dalam musda, profesional muda dan unsur lembaga lain seperti pramuka. (als)


Portal Media Online Masa Kini Yang Menyajikan Berita Aktual, Kredibel, Independen dan Terpecaya .Apabila terdapat kesalahan, koreksi, duplikasi dan atau mengandung informasi yang bersifat palsu atau tidak benar (Hoax) dapat menghubungi Tim Redaksi melalui kontak yang tersedia. Terima Kasih telah menjadi pembaca setia SATAMEXPOSE.COM.