Juli 26, 2019

DISDUKCAPIL BELITUNG PERMUDAH PELAYANAN KIA, BEGINI CARA MUDAH MEMBUAT KIA UNTUK ANAK

Plt Kepala Disdukcapil Kabupaten Belitung, Mustopa.
SatamExpose.com/Faizal

TANJUNGPANDAN, SATAMEXPOSE.COM – Sebanyak 17.273 anak di Kabupaten Belitung sudah mengantongi Kartu Identitas Anak (KIA) per 30 Juni 2019. Jumlah ini belum setengah dari seluruh anak di Belitung.

Total jumlah anak berumur dibawah 17 tahun di Belitung mencapai 46.487. Atau baru sebanyak 37,16 persen anak yang mengantongi KIA sejak pertama kali diluncurkan pada 2017 lalu.

Plt Kepala Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil Kabupaten Belitung Mustopa mengatakan, KIA sangat penting dan dipastikan akan lebih mempermudah segala macam urusan pelayanan publik nantinya.




"KIA ini perpaduan antara Kartu Keluarga dan Akta Kelahiran. Jadi kedepan anak yang sudah ada KIA tidak perlu lagi membawa akta atau KK jika ada keperluan nanti. Karena KIA sudah mewakili keduanya," jelas Mustopa kepada SatamExpose.com.

Mustopa memaparkan, saat pertama diluncurkan pada 2017 pemerintah pusat mencetak sebanyak 7 ribu keping KIA untuk Belitung.Sedangkan 2018 sebanyak 10 ribu keeping dan 2019 sebanyak 13 ribu blangko belum tercetak.

Mustopa menambahkan, KIA diatur dalam Permendagri Nomor 2 Tahun 2016 tentang Kartu Identitas Anak (KIA) dan Perbup Belitung Nomor 17 Tahun 2017 tentang persyaratan dan tata cara penertiban KIA.

Hingga saat ini Disdukcapil masih terus melakukan pendataan dengan pelayanan keliling supaya masyarakat di luar Tanjungpandan bisa lebih mudah mendapatkan KIA ini.




"Bahkan Insya Allah mulai minggu depan, kita akan lebih memudahkan masyarakat untuk mempunyai KIA ini. Cukup kiriman foto, foto kartu keluarga dan foto akta kelahiran lalu kirim ke WhatsApp. Kami print disini jadi masyarakat tidak perlu bolak-balik. Untuk saat ini kami masih mencari nomor cantik untuk nomor WA tersebut, SDMnya sudah ada," papar Mustopa.

Dengan mempermudah proses pembuatannya diharapkan seluruh masyarakat bisa memiliki KIA ini. Saat ini Disdukcapil Kabupaten Belitung akan mencoba kerjasama dengan pengusaha sehingga ada manfaat ekonomis bagi pengguna KIA.

"Misalnya dengan menunjukan KIA kepada sebuah toko misalnya mereka akan dapat diskon bagi perlengkapan sekolah. Hal itu akan kami usahakan," pungkas Mustopa. (fg6)

Portal Media Online Masa Kini Yang Menyajikan Berita Aktual, Kredibel, Independen dan Terpecaya .Apabila terdapat kesalahan, koreksi, duplikasi dan atau mengandung informasi yang bersifat palsu atau tidak benar (Hoax) dapat menghubungi Tim Redaksi melalui kontak yang tersedia. Terima Kasih telah menjadi pembaca setia SATAMEXPOSE.COM.