Ticker

6/recent/ticker-posts

BUPATI BELTIM LEPAS 35 CALHAJ, PEMKAB BANTU BIAYA HAJI RP 1 JUTA PERORANG

Bupati Beltim Yuslih Ihza lepas 35 jamaah
calon haji, Kamis (11/7/2019).
IST/Diskominfo Beltim

MANGGAR, SATAMEXPOSE.COM - Bupati Beltim Yuslih Ihza melepas sebanyak 30 orang jamaah calon haji (calhaj) di ruang rapat bupati, Kamis (11/7/2019). Rencananya  calhaj akan diberangkatkan Sabtu (13/7/2019).

Dikutip SatamExpose.com dari pers rilis Diskominfo Beltim, keberangkatan calhaj ke Embarkasih Palembang akan dilaksanakan usai salat subuh dari Mesjid Agung Darussalam, Manggar menuju ke Mesjid As-Sajadah Desa Buluh Tumbang.





Calhaj Beltim masuk dalam Gelombang I dan tergabung dalam satu kelompok terbang (kloter) 08/PLM. Kloter 08/PLM terdiri dari calhaj asal Belitung, Beltim, Bangka Selatan, Bangka Barat, dan Bangka Tengah yang totalnya mencapai 445 orang.

Kepala Kantor Kementrian Agama Kabupaten Beltim Masdar Nawawi berpesan agar calhaj mematuhi aturan-aturan mulai dari keberangkatan sampai kepulangan. Terutama terkait barang-barang yang dibawa ke Tanah Suci dan oleh-oleh ke Tanah Air.

“Sebenarnya saat bimbingan manasik sudah disampaikan, agar jamaah mematuhi aturan. Jangan bawa cairan-cairan, rokok, jamu dan menghindari adanya titipan-titipan serta lain sebagainya yang akan menghambat perjalan haji,” kata Masdar.





Menurut Masdar, adanya hambatan dapat menggangu kekhusukkan calhaj dalam beribadah. Untuk itu, ia berharap agar seluruh jamaah mematuhi pembimbing ibadah di tanah suci. Selain itu Masdar juga berpesan agar calhaj dapat menjaga kekompakan dan kesehatan.  

“Kita himbau agar mendahulukan yang rukunnya dulu, jangan diporsir tenaganya untuk yang sunnah. Manfaatkan ibadah haji ini dengan sebaik-baiknya agar saat kembali bisa menjadi haji yang mabrur,” ujar Masdar.

Acara pelepasan itu juga sekaligus ditandai dengan penyerahan bantuan untuk biaya calhaj. Masing-masing calhaj menerima Rp 1 juta dari Pemkab Beltim, yang diserahkan oleh Bupati Beltim. (*/als)