Ticker

6/recent/ticker-posts

SEBANYAK 134 PRIA DI KABUPATEN BELITUNG IDAP HIV/AIDS, 63 PENGIDAP MENINGGAL DUNIA HINGGA 2019

ilustrasi.Net

TANJUNGPANDAN, SATAMEXPOSE.COM – Sebanyak 134 pria di Kabupaten Belitung mengidap HIV/Aids hingga Maret 2019. Total sebanyak 230 penderita HIV/Aids di Belitung.

Komisi Penanggulangan Aids (KPA) Kabupaten Belitung mencatat sebanyak 63 orang sudah meninggal dunia akibat HIV/Aids. Mayoritas pria yang mengidap HIV/Aids merupakan penyuka sesame jenis atau gay.

Sekretaris Komisi Penanggulangan Aids Kabupaten Belitung, Rosmaida Simamora S IP kaum perempuan yang mengidap HIV/Aids di Belitung mencapai 96 orang.



"Untuk penderita HIV/AIDS di Kabupaten Belitung mayoritas diderita oleh kaum LSL atau Lelaki Suka Lelaki yang biasa dikenal dengan sebutan Gay," kata Rosmaida kepada SatamExpose.com, Selasa (30/4/2019).

Selain gay, Rosmaida menyebutkan penularan HIV/Aids diakibat pergaulan bebas serta penggunaan jarum suntik yang berulang-ulang dan bergantian. Ibu hamil juga masuk dalam kaum rentan HIV/Aids.

"Selain itu juga, ibu hamil juga mempengaruhi. Makanya kita sekarang ada program cek HIV untuk ibu hamil untuk mencegah terus berkembangnya HIV/AIDS ini," tambah Rosmaida. (fg6)