Ticker

6/recent/ticker-posts

BEREDAR KABAR NAMA-NAMA CALEG YANG REBUT KURSI DPRD, KPU: TUNGGU HASIL REKAPITULASI KPU

Ketua KPU Belitung Soni Kurnniawan (Kiri). Dok SatamExpose.com
TANJUNGPANDAN, SATAMEXPOSE.COM – Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Belitung Soni Kurniawan meminta masyarakat untuk bersabar menunggu hasil Pemilu 2019. Terlebih terkait raihan kursi DPRD Kabupaten Belitung yang beredar di kalangan masyarakat.

Saat ini sudah beredar partai-partai yang mendapatkan kursi di DPRD Kabupaten Belitung. Bahkan nama-nama caleg yang disebut berhak atas kursi-kursi DPRD juga sudah beredar.

Namun Soni menegaskan bahwa saat ini KPU masih terus melakukan rekapitulasi suara hasil pemilu. Saat ini rekapitulasi masih berlangsung di tingkat Panitia Pemungutan Kecamatan (PPK) dan belum selesai.



"Bahwa penghitungan rekapitulasi secara manual dan berjenjang baik itu di PPK dipersiapkan di Kabupaten Belitung adalah proses penghitungan yang sesungguhnya,” tegas Soni kepada SatamExpose.com, Senin (22/4/2019).

Pada Pemilu 2019 ini, penghitungan konversi suara menjadi kursi di DPR/DPRD berbeda dengan pemilu-pemilu sebelumnya. Sebelumnya konversi menggunakan Bilangan Pembagi Pemilih (BPP), namun saat pada pemilu ini menggunakan metode Sainte Laque.

“Jadi ketika nanti ada versi metode yang diklaim mungkin bersumber dari KPU Kabupaten Belitung silahkan saja, tapi pengakuannya pada akhirnya ada di KPU," tambah Soni.



Soni menambahkan, ia berharap semua pihak mengawal penghitungan rekapitulasi surat suara. Sehingga penghitungan suara di tingkat PPK dan KPU Belitung berjalan dengan benar.


"Jadi kita kembalikan lagi kita ikuti kita hormati penghitungan rekapitulasi yang sesungguhnya karena itulah hasil secara resmi akan mempengaruhi untuk menentukan siapa yang akan menjadi pemenang, calon terpilih," tandas Soni. (fg6)