Januari 26, 2019

POLSEK BADAU BERHARAP MEDIA ONLINE BISA JADI ALAT PENANGKAL HOAX DI MEDIA SOSIAL


 
Foto bersama silaturahmi Polsek Badau dan awak media di OS Kong Djie Coffe, Sabtu (26/1/2019). IST
TANJUNGPANDAN, SATAMEXPOSE.COM – Di era milenial seperti sekarang ini, media sosial berkembang pesat. Sesuatu yang viral di medsos kadang dianggap sebagai kebenaran oleh sebagian masyarakat meski belum tentu hal disampaikan itu benar.

Hal tersebut dikatakan Kapolsek Badau Iptu Sugraito melalui Kanit Binmas Aipda Heriyadi dalam silaturahmi dengan awak media di OS Kong Djie Coffee Jalan Lettu Mat Daud, Kelurahan Parit, Tanjungpandan, Sabtu (26/1/2019).

Ia mengatakan,  media online merupakan alat penangkal hoax yang sedang menjamur di jaman sekarang ini. Terlebih pada saat ini sedang gencar-gencarnya Pemilu dimana banyak pemberitaan yang tidak sesuai dengan kenyataan.

"Media online harus bisa menyaring setiap pemberitaan yang beredar, karena biasanya pada saat ini (Pemilu) banyak oknum-oknum yang tidak bertanggungjawab yang menyebar berita hoax," kata Heriyadi di depan awak media.

Untuk itu media sebagai pilar keempat di negara ini, harap Heriyadi, media haruslah bersinergi dengan kepolisian untuk memberantas berita hoax.

"Kita (Media dan Kepolisian) harus bersinergi, jangan sampai dimanfaatkan oleh oknum yang tidak bertanggungjawab itu," kata Heriyadi.

Ditambahkannya Polsek Badau tidak akan main-main untuk menindak si penyebar berita hoax ini. Dirinya juga menghimbau untuk kepada masyarakat untuk tidak mudah meneruskan foto atau pun berita yang tidak bisa dipertanggungjawabkan.

Selain itu, lanjut Heriyadi, pihak kepolisian juga melakukan pengawasan terhadap alat peraga kampanye (APK) selama masa kampanye Pemilu 2019. Ia menjelaskan, tugas polisi ini hanya melakukan pengawasan.

“Jadi kalau ada apa-apa dengan APK, lapornya bukan ke kami. Kami polisi disini hanya melakukan pengawasan. Kami sering melakukan patroli untuk melihat APK yang terpasang,” jelas Heriyadi.

Sebelumnya, jajaran Polsek Badau menggelar silaturahmi sederhana dengan insan jurnalis di Kabupaten Belitung, Sabtu (26/1/2019) di Warkop Kong Djie OS, Jalan Lettu Mat Daud, Kampung Parit, Tanjungpandan.

Selain untuk menjalin silaturahmi dengan awak media, Polsek Badau juga ingin menjalin sinergi dengan media terkait pemberitaan.

Tak hanya terkait dengan pemberitaan peristiwa yang terjadi, namun juga pemberitaan kegiatan yang dilakukan jajaran Polsek Badau.

Kanit Binmas Aipda Heriyadi mengatakan, hal ini penting dilakukan karena makin berkembangnya media online di era milenial ini. Maka dari itu perlu adanya media untuk menyaring kebenaran yang tersebar dalam media sosial.

"Saat ini apa yang diupload, dishare masyarakat di media sosial menjadi kebenaran bagaimanapun itu. Jadi media online ini yang diharapkan menyaringnya," ujar Heriyadi dalam bincang-bincangnya.

Dalam pertemuan yang juga dihadiri Kasi Humas Polsek Badau Aiptu S Junaidi dan Kanit Intelkam Aipda Budi Santoso serta belasan wartawan, ia juga berharap pertemuan ini dapat dilakukan secara berkelanjutan.

Polsek Badau dalam era milenial ini juga mengikuti perkembangan dengan aktif di media sosial. Hal ini juga membantu wartawan dalam mengumpulkan informasi menarik terkait kegiatan yang dilakukan pihak kepolisian.

"Jadi wartawan bisa ambil dari medsos tentang kegiatan kemitraan dengan kemasyarakatan itu. Jadi masyarakat tahu polisi itu ada, melayani sepenuh hati untuk masyarakat," tambah Heriyadi.

Menurut Heriyadi, Polsek Badau saat ini tidak hanya melakukan kewajibannya sebagai polisi. Namun melakukan lebih dari itu, yakni lebih memberdayakan masyarakat dalam kehidupan sehari-hari.

"Pelopor dalam pariwisata dan perkebunan, jadi melayani masyarakat tidak hanya dengan menjaga keamanan saja, tapi lebih dari itu," lanjut Heriyadi. (fg6)


Portal Media Online Masa Kini Yang Menyajikan Berita Aktual, Kredibel, Independen dan Terpecaya .Apabila terdapat kesalahan, koreksi, duplikasi dan atau mengandung informasi yang bersifat palsu atau tidak benar (Hoax) dapat menghubungi Tim Redaksi melalui kontak yang tersedia. Terima Kasih telah menjadi pembaca setia SATAMEXPOSE.COM.