Agustus 18, 2016

BELTIM SIAP FASILITASI PEMBANGUNAN FAKULTAS UBB

Gambar : Bupati ketika menerima rombongan rektor UBB terkait kerja sama pihak Pemkab Beltim dan UBB.



Manggar, Satam Xpose
Bupati Belitung Timur (Beltim), Yuslih Ihza menyatakan kesiapan Beltim menyediakan lahan dan membantu proses pembangunan jika Universitas Bangka-Belitung (UBB) membuat kampus Fakultas Kelautan dan Perikanan serta Pariwisata di Pulau Belitung.

Pernyataan tersebut diungkapkan Bupati saat silaturahmi dengan Rektor UBB, Dr. Muhammad Yusuf, Wakil Rektor II UBB, Prof. Dr. Agus Hartoko, beserta staf UBB di Ruang Kerja Bupati, Kamis (18/8) terkait tindak lanjut kerjasama antara UBB dengan Pemkab Beltim. 

“Kita berharap UBB berkenan membuka Fakultas di sini. Misalnya Kabupaten Belitung Fakultas Pariwisata, di Kabupaten Beltim Fakultas Kelautan dan Perikanan. Masalah ini tidak bisa dibiarkan terus menerus, kasihan masyarakat kita,” kata Yuslih. 

Jika pihak UBB berkenan, mantan Anggota DPRD Provinsi Bangka Belitung ini menyatakan Pemkab Beltim siap membantu penyediaan lahan serta hal lainnya untuk membangun UBB.

“Kita siap bantu lahan dan lain sebagainya. Nanti akan kita bicarakan dengan DPRD, itu pun kalau pihak UBB berkenan,” ujarnya.   
       
Menanggapi permintaan Bupati Beltim, Rektor UBB mengatakan akan mempertimbangkan keinginan tersebut. Meski begitu, Ia mengakui hal itu akan sulit untuk terwujud mengingat adanya ketentuan yang mensyaratkan bahwa Fakultas tidak boleh berada jauh dari Rektorat (Kantor, red) Universitas.

Selain terkendala di aturan, Yusuf juga mengungkapkan dengan Fakultas yang berada jauh dari kampus induk akan membuat biaya operasional universitas jadi lebih tinggi. Ia berharap jika aturan memungkinkan, Pemkab akan membantu biaya operasional.  

“Costnya tinggi, setahun dua tahun mungkin masih bisa. Kecuali Pemkab mau bantu setengah-setengah, itu pun kalau DPRD-nya berkenan. Soalnya nanti kalau ganti Bupati kebijakannya juga berganti,” kata Yusuf. 

Dalam pertemuan antara Bupati Beltim dan Rektor UBB ini disepakati kelanjutan kerjasama untuk pemberian pelatihan bagi kelompok masyarakat khususnya di bidang kelautan, perikanan dan pertanian dan kerjasama tersebut rencananya akan dimulai tahun 2017 mendatang.  (@2!-Humas)   

Portal Media Online Masa Kini Yang Menyajikan Berita Aktual, Kredibel, Independen dan Terpecaya .Apabila terdapat kesalahan, koreksi, duplikasi dan atau mengandung informasi yang bersifat palsu atau tidak benar (Hoax) dapat menghubungi Tim Redaksi melalui kontak yang tersedia. Terima Kasih telah menjadi pembaca setia SATAMEXPOSE.COM.