Ticker

6/recent/ticker-posts

JALAN MANGGAR-GANTUNG TETAP BERLANJUT

Manggar, SX – 

Dinas Pekerjaan Umum (PU) Provinsi Kepulauan Bangka-Belitung (Babel) menegaskan tetap akan melanjutkan rencana proyek pembangunan pelebaran Jalan Raya Manggar – Gantung. 

Saat ini Pokja LPSE Provinsi Babel tengah melelang anggaran untuk pembangunan jalan dengan anggaran Rp 8.500.000.000. Diperkirakan awal Mei 2016, proyek jalan sepanjang 3 kilometer ini sudah bisa berjalan. 

Hal ini diungkapkan Pejabat Pelaksana Teknis Kegiatan (PPTK) Proyek jalan Manggar – Gantung, Afra Pranata Kelana Putra,ū Jum’at (1/4).

Staf Dinas PU Provinsi Babel Kantor Perwakilan Belitung ini menyatakan pihaknya masih menunggu hasil lelang untuk proyek pembangunan jalan raya Manggar – Gantung, serta hasil sosialisasi antara Pemkab Beltim dengan warga yang lahannya terkena rencana pelebaran jalan.

“Kalau untuk proyek tetap kita jalankan. Kita masih nunggu lelang pokja di Provinsi, sekarang sedang berjalan. Kalau pastinya kapan mulai pengerjaan tergantung lelang sama sosialisasi dengan warga,” ungkap Afra.

Afra mengungkapkan tertundanya rencana pelebaran jalan lebih diakibatkan karena belum adanya kesepakatan antara Pemkab Beltim dengan warga terkait biaya ganti rugi lahan yang terkena pelebaran dan PU Provinsi mengambil inisiatif untuk mengurangi lebar jalan menjadi 12 meter, sehingga dapat meminimalisir lahan warga yang terkena dampak.

“Intinya kita siap membangun, kita berharap secepatnya sudah dapat berjalan. Mudah-mudahan Mei ini sudah mulai dikerjakan,” kata Afra.

Selain akan membangun proyek jalan Manggar – Gantung, Dinas PU Provinsi Bangka Belitung juga akan membangun dua proyek jalan lainnya di Kabupaten Beltim, yakni peningkatan volume jalan Simpang Pesak-Dendang, dan Badau - Gantung.

Terkait sosialisasi pelebaran jalan ke warga, Kepala Bidang Bina Marga Dinas Bina dan Sumber Daya Air (DBSDA) Kabupaten Beltim, Idwan Fikri mengatakan saat ini DBMSDA tengah menunggu jadwal Bupati/ Wakil Bupati untuk turun langsung ke warga.

“Kalau kita sudah lama siap untuk sosialisasi, kita tinggal tunggu agenda kosong Pak Bupati. Soalnya nanti beliau yang akan turun langsung ke warga,” ujar Idwan.

Ia menambahkan proyek pelebaran jalan Manggar – Gantung adalah proyek yang cukup penting mengingat kapasitas dan volumenya sudah tidak memadai. Untuk itu Ia berharap dalam sosialisasi nanti tidak ada lagi kendala.   

“Kalau bisa secepatnya lah, jalan ini kan termasuk jalan yang banyak dilalui warga dan wisatawan. Mudah-mudahan tidak ada lagi pihak yang akan mengahambat proyek ini,” ujarnya. (@2!-Humas)