Ticker

6/recent/ticker-posts

Belfic Mengutuk Keras Pertambangan Laut di Perairan Belitong


Gambar : salah seorang anggota Belitong Fishing Community (Belfic) terlihat menyampaikan orasinya terkait penolakan beroperasinya kapal isap di seluruh perairan pulau Belitong di Bundaran Satam (10/4).

Tanjungpandan, SX -
Komunitas para pemancing yang tergabung dalam Belitong Fishing Community (Belfic) yang ikut dalam aksi solidaritas selamatkan pesisir Indonesia ikut mengutuk keras segala aktifitas pertambangan di perairan Belitong.  

Kerusakan ekosistem laut akan yang disebabkan oleh aktifitas pertambangan laut akan berdampak kepada berkurangnya hasil tangkapan laut bagi para nelayan pesisir. Untuk itu, Belfic berharap agar para pengambil kebijakan untuk tidak mengedepankan kepentingan pengusaha semata, tetapi juga hajat hidup masyarakat nelayan pesisir yang menggantungkan hidup mereka dari hasil tangkapan laut. 

"Belfic dengan tegas menolak segala bentuk pertambangan di wilayah laut perairan Belitong. Yang kita pikirkan adalah nelayan-nelayan yang masih sulit dalam mencari nafkah dilaut. Keberadaan kapal isap sangat merusak ekosistem laut dan populasi ikan menjadi terganggu " ujar salah satu anggota Belfic dalam orasinya pada aksi tersebut. (db)