Ticker

6/recent/ticker-posts

BASURI RESMIKAN PERPUSTAKAAN UMUM

Manggar, (Satam Xpose); Tepat pada Peringatan Hari Jadi Kabupaten Belitung Timur (Beltim) ke 12, Selasa (27/1) Bupati Beltim Basuri T Purnama meresmikan Gedung Perpustakaan Umum Daerah Kabupaten Beltim. Peresmian ditandai dengan penandatangan prasasti oleh Bupati dan Wakil Bupati Beltim Zarkani Mukri serta pemotongan pita. Acara peresmian gedung sekaligus launching alat peraga kidsmart ini berlangsung di halaman Gedung Perpustakaan Daerah di Komplek Perkantoran Pemerintah Terpadu Manggarawan Manggar tepat di sebelah Kantor Pos.

Acara peresmian dihadiri oleh Kepala Perpustakaan Nasional yang diwakili oleh Kepala Biro Umum Perpustakaan Nasional Imam Nurhadi, Direktur PP-IPTEK Kemenristek RI yang diwakili oleh Kabid Transfer IPTEK Medy Eka Suryana, Ketua DPRD Beltim Tom Haryono, Kapolres Beltim AKBP Nugraha Trihadi, Danlanud Tanjungpandan Letkol. Setiawan, Bupati Belitung yang diwakili oleh staf ahli bupati Gunawati, Sekda Beltim Talafuddin, Forkominda Beltim, pimpinan SKPD serta guru-guru dari sekolah-sekolah yang ada di Kecamatan Manggar.

Kepala Kantor Perpustakaan Arsip dan Dokumentasi (KPAD) Beltim Ruspandi menjelaskan gedung perpustakaan dibangun dengan menggunakan anggaran pendapatan belanja daerah (APBD) Tahun 2014, sebesar Rp. 2.108.300.000. Gedung yang dibangun dengan struktur dua lantai ini memiliki luas 1120 meter persegi. Lantai atas untuk layanan perpustakaan umum daerah sedangkan lantai bawah diisi dengan alat peraga IPTEK.

“Kita membangun gedung ini dalam rangka mengembangkan dan meningkatkan kegemaran membaca di kalangan masyarakat. Sampai saat ini Perpustakaan Umum Daerah memiliki koleksi buku sebanyak 23.535 eksemplar, dengan jumlah anggota perpustkaan sebanyak 2.328 orang,” ungkap Ruspandi.

Direktur Pusat Peragaan Ilmu Pengetahuan dan Tehnologi (PP-IPTEK) Kementerian Riset dan Tehnologi Ari Hendrarto dalam sambutannya yang dibacakan oleh Kabid Transfer IPTEK Medy Eka Suryana menyambut baik dengan adanya gedung perpustakaan sekaligus tempat peraga IPTEK.

“Kami sudah lama menantikan agar tempat ini dapat berdiri dan terintegrasi dengan tempat alat peraga IPTEK. Mudah-mudahan dengan adanya dapat meningkatkan transfer dan kecintaan masyarakat terhadap ilmu pengetahuan,” ujar Medy.

Dalam sambutan Kepala Perpustakaan Nasional Mastini Hardjoprakoso yang diwakili oleh Kepala Biro Umum Perpustakaan Nasional Imam Nurhadi berharap gedung perpustakaan yang dibangun dapat berfungsi sebagai wahana pendidikan, penelitian, pelestarian, informasi dan rekreasi untuk meningkatkan kecerdasan dan keberdayaan bangsa.

“Diharapkan dengan dibangunnya perpustkaan ini akan meningkatkan budaya membaca mulai anak-anak, pelajar sampai kalangan masyarakat umum, sehingga akan memberikan tambahan pengetahuan dan keterampilan serta wawasan masyarakat,” ucap Imam.

Sementara itu Bupati Beltim berjanji untuk membangkitkan minat baca masyarakat Beltim, salah satu caranya adalah dengan menambah terus koleksi buku bacaan yang ada di perpustakaan. Dokter yang mengaku suka membeli dan membaca buku ini akan mengeluarkan Peraturan Bupati yang mewajibkan kepada pejabat-pejabat yang melakukan perjalanan dinas untuk membeli satu buku untuk disumbangkan ke perpustakaan daerah.

“Nanti saya akan buat aturan agar setiap pejabat termasuk anggota DPRD yang SPPD (Surat Perintah Perjalanan Dinas) membeli buku. Begitu mereka dinas luar, harus menyumbangkan buku,” kata Basuri.

Basuri juga mengapresiasi bantuan dari PT. IBM Indonesia yang telah memberikan bantuan berupa perangkat belajar berbasis tehnologi, IBM Kidsmart corner.

“Perpustakaan ini agar dapat dimanfaatkan untuk kemajuan pendidikan di Kabupaten Beltim. Untuk itu program Belitung Timur Pintar (BTP) harus diteruskan,” candanya.       

Selain acara peresmian, di Gedung Baru Perpustakaan daerah juga digelar “Pesta Buku Beltim 2015” yang dibuka untuk umum dari 27 Januari sampai 1 Februari 2015. Selain itu untuk memperingati Hari Jadi Kabupaten Beltim, KPAD Beltim  juga menggelar Lomba Mewarnai tingkat TK dan SD, lomba cerita masyarakat Belitong, dan lain-lain. (Humas Belitung)

0F7FAA60-96C8-4E9E-B612-25017F94DC76