September 10, 2014

Rusia : Ukraina Bertanggung Jawab Penuh Atas Tragedi MH17


Moskow, - Pemerintah Rusia bersikeras menyalahkan pemerintah Ukraina atas tragedi jatuhnya pesawat Malaysia Airlines MH17 di wilayah konflik Ukraina timur.

Menurut Menteri Pertahanan (Menhan) Rusia Sergei Shoigu, Ukraina memikul tanggung jawab penuh atas penembakan MH17 yang menewaskan 298 orang tersebut.

"Bencana ini terjadi di wilayah udara Ukraina, yang memikul tanggung jawab penuh atas apa yang terjadi," tegas Shoigu dalam pertemuan dengan Menhan Malaysia Hishammuddin Hussein yang berkunjung ke Moskow, Rusia seperti diberitakan AFP, Rabu (10/9/2014).

Ditambahkan pejabat tinggi Rusia itu, jika saja Ukraina mencoba menyelesaikan masalah internalnya tanpa menggunakan senjata terhadap para pemberontak, maka tragedi MH17 tak akan terjadi.

Menurut laporan awal investigasi MH17 yang dirilis pekan ini, pesawat tersebut pecah di udara setelah dihantam "banyak benda yang menembus pesawat dengan kecepatan tinggi".

Dalam laporan resminya yang dirilis pada Selasa, 9 September, tim penyelidik Belanda menyatakan, pesawat "pecah di udara kemungkinan sebagai akibat kerusakan struktural, yang disebabkan oleh banyak benda berkecepatan tinggi yang menembus pesawat dari luar".

Dalam laporan itu juga disebutkan, perekam suara di kokpit pesawat menunjukkan data-data penerbangan normal dan tiba-tiba terhenti.

Juga disebutkan, pesawat Boeing 777-200 tersebut dalam kondisi layak terbang saat bertolak dari Amsterdam, Belanda. Pesawat juga dilengkapi dengan kru yang berkualitas dan berpengalaman.

"Tak ada masalah teknis," demikian disampaikan dalam laporan setebal 34 halaman tersebut seperti dilansir kantor berita AFP.(DetikNews)

Portal Media Online Masa Kini Yang Menyajikan Berita Aktual, Kredibel, Independen dan Terpecaya .Apabila terdapat kesalahan, koreksi, duplikasi dan atau mengandung informasi yang bersifat palsu atau tidak benar (Hoax) dapat menghubungi Tim Redaksi melalui kontak yang tersedia. Terima Kasih telah menjadi pembaca setia SATAMEXPOSE.COM.