Ticker

6/recent/ticker-posts

KELALAIAN ATAU KESENGAJAAN, HAMPIR SERATUS LAMPU PJU DI JALAN JENDERAL SUDIRMAN TANJUNGPANDAN TIDAK MENYALA


Belitung|Satamexpose.com  Hampir 100 (seratus) buah lampu penerangan jalan umum (PJU) di Jalan Jenderal Sudirman, Kecamatan Tanjungpandan, Kabupaten Belitung, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, tidak menyala alias padam, Minggu (26/5).

Berdasarkan pantauan lapangan Satamexpose.com, lampu PJU yang berada di median jalan sepanjang Jalan Sudirman tepatnya dari depan SPBU Air Pancur 24.33480 hingga SPBU Perawas 24.334.160 ditemukan hampir seratus lampu median jalan yang tidak menyala.

Anwar (48) warga Desa Perawas, Kecamatan Tanjungpandan, Kabupaten Belitung mengatakan lampu jalan sudah tidak menyala sejak Desember 2023 lalu.

"Seingat saya sejak Desember 2023 lalu lampu jalan dari depan SPBU Perawas hingga depan Taman Makam Pahlawan tidak menyala," ujarnya memastikan.

Ketika ditanyakan apakah ada upaya perbaikan atau penggantian lampu tersebut oleh pihak pemerintah daerah melalui dinas terkait, secara tegas iya mengatakan tidak pernah ada.

"Kami tinggal di jalan ini pak dan setiap malam kami lihat lampunya tidak menyala," tegasnya.

Hal senada juga diungkapkan oleh Riana (30) warga Desa Air Raya, Kecamatan Tanjungpandan, Kabupaten Belitung, dimana menurutnya sudah sejak beberapa bulan lalu lampu depan Kantor Lanud H. AS Hanandjoeddin mati.

"Demikian pula lampu median jalan di perempatan lampu merah simpang baso dan lampu merah simpang terminal tidak menyala," ujarnya.

Ia juga meminta agar Pj Bupati segera melalui dinas terkait mengatasi masalah lampu PJU itu mengingat keindahan kota Tanjungpandan berkurang akibat lampu tidak menyala pada beberapa tiang di median jalan tersebut.

Banyaknya lampu jalan yang mati terasa aneh mengingat pada tahun 2023 pemerintah daerah mengucurkan dana Rp. 20.954.431.500,- dan Rp. 2.449.059.000,- untuk ditahun berjalan khusus penerangan jalan umum (PJU) guna menciptakan Belitung terang benderang.

Dari jumlah tersebut diketahui Rp. 11.382.840.000 khusus pengadaan dan belanja lampu PJU, bahkan didalamnya ada pengadaan komponen pengganti lampu PJU Rp. 580.000.000,- dan pengadaan bolham PJU LED sebesar Rp. 132.200.000,-

Kepala Dinas Perhubungan ketika dihubungi ke nomor : 0819 2977 XXXX melalu telphone dan WhatsApp hingga berita ditayangkan lagi-lagi  tidak menjawab meski handphone-nya berdering dan WhatsApp terbaca. (ram)