Ticker

6/recent/ticker-posts

DRAINASE MINIM, HUJAN SEBENTAR, BANJIR GENANGI JALAN DAN RUMAH WARGA

Gambar : Banjir genangi sejumlah ruas jalan dan pemukiman warga di Kabupaten Beltim.

Belitung Timur|Satamexpose.com – Beberapa ruas jalan dan pemukiman warga di wilayah Kabupaten Belitung Timur (Beltim), Provinsi Kepulauan Bangka Belitung,mengalami banjir akibat curah hujan yang tinggi disertai angin kencang dan petir, Jum'at (26/1).
 
Seperti halnya sejumlah rumah warga Desa Mekar Jaya, Kecamatan Manggar yang terendam banjir hingga setinggi lutut orang dewasa.

Pasca hujan turun, Bupati Belitung Timur, Burhanudin meninjau ke sejumlah titik banjir di Desa Sukamandi Kecamatan Damar kemudian di SDN 23 Manggar.

“Ini banjir dadakan karena hujan deras, setelah solat Jum'at saya dapat laporan dari masyarakat dan segera turun ke lapangan," ujarnya.

Menurutnya, banjir diakibatkan saluran buangan air atau saluran drainase yang minim sehingga sangat perlu ditingkatkan.

“Hujan derasnya sebentar tapi karena saluran drainasenya yang hanya satu akibatnya air tumpah ke area sekolah,” terang Aan sapaan akrab Bupati Belitung Timur.

Sementara itu, Kepala Dinas PUPRP2RKP Kabupaten Belitung Timur Idwan Fikri ketika ditemui wartawan mengatakan intensitaa curah hujan yang cukup tinggi membuat drainase dan penampungan tidak bisa menampung air,.

"Selain itu, kemudian juga air laut pasang sehingga air hujan tertahan tidak dapat mengalir ditambah lagi memang beberapa tempat saluran kita terhalang baik sedimen, rumput dan lain-lain" ujar Idwan menerangkan.

Idwan Fikri juga minta kesadaran warga untuk menjaga lingkungan hususnya saluran air atau drainase agar tidak terjadi penyumbatan untuk mempermudah air mengalir.

"Kami mohon maaf bila hal ini membuat semua repot dan mengalami kebanjiran, diperkirakan kondisi ini akan masih dapat berlangsung mengingat saat ini memang sedang musim penggujan" tandas Idwan Fikri. (sam)