Ticker

6/recent/ticker-posts

TINGKATKAN LITERASI SEJARAH BABEL, PT TIMAH SERAHKAN 229 BUKU BERJUDUL "MAPUR"

Gambar : PT Timah Tbk serahkan bantuan buku "MAPUR" sebagai wujud peningkatan literasi sejarah Babel.

Belitong|Satamexpose.com Sebanyak 229 buku yang mengisahkan adat dan kebudayaan masyarakat Mapur di Kabupaten Bangka, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung kepada Dinas Pendidikan dua kabupaten yang ada di Pulau Belitung sebagai bentuk kepedulian PT Timah Tbk dalam meningkatkan literasi tentang sejarah, Selasa(28/11).

Buku tersebut diserahkan kepada Dinas Pendidikan Kabupaten Belitung Timur sebanyak 103 buku dan Dinas Pendidikan Dan Kebudayaan (Disdikbud) Kabupaten Belitung sejumlah 126 buku. 

Sekretaris Dinas Pendidikan Belitung Timur, Dedy Wahyudi saat menerima bantuan tersebut mengatakan jika bantuan buku itu sebuah langkah positif guna menambah literasi dan pengembangan wawasan dunia pendidikan di Kabupaten Belitung Timur.

"Buku ini akan kita sebar ke 103 SD dan 22 SMPN di lingkungan kita," kata Dedy Wahyudi.

Menurut Dedy, kedepan mereka akan mendorong guru-guru untuk berkontribusi yang sama dalam yang menyusun buku, baik tema yang sama atau lainnya, guna bekerja sama dengan PT Timah Tbk.

"PT Timah Tbk kontribusi positif, dan masih ada yang perlu dikembangkan dalam program merdeka belajar nantinya," sebutnya.

Dirinya juga berharap, PT Timah Tbk terus berkomitmen dan meningkatkan perannya dalam membantu usaha peningkatan mutu pendidikan.

"Artinya PT Timah Tbk dapat mensuport program-program yang bisa disinergikan bersama," terangnya.

Sementara itu, Kepala Disdikbud Belitung Drs. Soebagio mengapresiasi PT Timah Tbk telah menyalurkan bantuan buku yang berkaitan dengan sejarah di Bangka Belitung yang berjudul Mapur.

Tentu buku itu merupakan salah satu media dalam proses pembelajaran yang berkaitan dengan literasi sekolah, siswa-siswi di sekolah untuk gemar membaca.

"Ini suatu bahan pengetahuan tambahan dalam proses pembelajaran di sekolah," sebutnya 

Menurutnya, buku itu akan disalurkan kembali melalui bidang masing-masing baik SD ataupun SMP yakni sesuai buku yang diterima Disdikbud.

"Sudah banyak kontribusi PT Timah Tbk dalam meningkatkan mutu dunia pendidikan di Kabupaten Belitung," terangnya.

Ia berharap, apa yang telah dilakukan PT Timah Tbk dalam dunia pendidikan agar dipertahankan serta ditingkatkan lagi.

"Silahturahmi dan koordinasi PT Timah Tbk dengan Pemkab Belitung terus terjalin dan meningkat," tandas Soebagio. (rls)