Ticker

6/recent/ticker-posts

GELAR PELATIHAN PERTANIAN HIDROPONIK, BPVP LIBATKAN 16 WBP LAPAS KELAS IIB TANJUNGPANDAN

Gambar :  Kalapas tinjau pelatihan pertanian hidroponik yang melibatkan 16 WBP.

Belitung|Satamexpose.com – Jalin kerjsama antara Lapas Kelas IIB Tanjungpandan dengan Balai Pelatihan Vokasi dan Produktivitas (BPVP) Belitung gelar pelatihan bersertifikat Pertanian Hidroponik terhadap 16 orang Warga Binaan Pemasyarakatan (WBP).

Pelatihan yang digelar di Aula Utama Lapas Kelas IIB Tanjungpandan dan akan berlangsung selama 14 hari kerja dimulai tanggal 12 Juni 2023.

Kalapas Kelas IIB Tanjungpandan,  Mahendera Sulaksana, A.Md.IP, SH, MM mengapresiasi BPVP Belitung yang telah mendukung program pembinaan keterampilan untuk warga binaan di Lapas Kelas IIB Tanjungpandan.

"Ini merupakan wujud dari kerjasama yang telah kita jalin selama ini, sebelumnya juga telah kita laksanakan pelatihan yang sama, yang sekarang ini dilaksanakan oleh BVPB Belitung sebagai penguatan dari program pelatihan sebelumnya jadi lebih kearah praktek langsung dilapangan," ujarnya, Kamis (15/6).

Menurutnya, WBP di Lapas Kelas IIB Tanjungpandan dibekali dengan keterampilan sehingga bisa berguna untuk diri sendiri maupun masyarakat umum setelah bebas dari Lapas nantinya.

Sementara itu Kepala BPVP Belitung melalui Subkoordinator penyelenggaraan pelatihan vokasi dan peningkatan produktivitas, Suherman menjelaskan kegiatan pelatihan ini merupakan program dari BVPB Belitung dan untuk pelatihan kali ini di fokuskan langsung ke praktek di lapangan.

“Kami pandu dari proses persemaian hingga panen dan selain cara menanam hidroponik kami juga memberikan cara membuat instalasi hidroponik lengkap. Peserta dapat bercocok tanam dengan system instalasi ini meskipun tidak memiliki lahan yang luas, bahkan diteras rumah pun bisa,” jelasnya.

Suherman juga mengucapkan terimakasih kepada Kalapas yang sudah menjalin kerjasama dengan BPVB Belitung dan berharap akan terus berkolaborasi dan berkoordinasi. (rls)