Ticker

6/recent/ticker-posts

CAMPING GROUND, SOLUSI MURAH KENALKAN WISATA DESA


Belitung|Satamexpose.com – Camping Ground merupakan istilah umum di dunia pecinta alam untuk menyebut bumi perkemahan. Tempat ini merupakan lokasi untuk mendirikan tenda dan melakukan kegiatan berkemah, berupa ruang luas di luar ruangan.

Meski peminatnya terus mengalami perkembangan, Camping Ground yang menjadi salah satu daya tarik wisata saat ini belum banyak mendapat perhatian para pengelola tempat wisata di Pulau Belitong.

Founder Komunitas Campervan Belitong, Danu Berata mengajak pengelola tempat wisata yang ada di Pulau Belitong untuk menyediakan lokasi camping (Camping Ground) sebagai salah satu daya tarik wisata di pulau Belitong.

"Kami melihat perkembangan dan aktifitas camping ini terus diminati, namun sayangnya lokasi camping di Pulau Belitong masih sangat terbatas," ujar Danu.

Menurutnya, aktifitas camping keluarga dan campervan sangat cocok untuk menikmati sekaligus memperkenalkan tempat-tempat wisata yang ada di desa-desa khususnya di Kabupaten Belitung, dimana pemerintah saat ini terus mendorong  satu desa satu tempat wisata.

“Camping ground bisa menjadi alternatif bagi pengelola wisata, karena tidak membutuhkan biaya yang besar untuk membangunnya,” paparnya.

Danu menyebutkan, dirinya sudah keliling Sumatera-Jawa dan banyak sekali menjumpai Camping Ground yang sederhana sekali, dimana yang dibutuhkan hanya toilet dan air bersih saja.

Danu juga menambahkan bahwa akses kendaraan terutama roda empat menuju ke lokasi camping juga merupakan hal penting yang dibutuhkan, mengingat camping keluarga dan campervan biasanya membutuhkan peralatan yang banyak, mulai dari tenda, kasur hingga peralatan masak dan rata-rata banyak yang menggunakan mobil.

“Bukan gaya-gayaan pake mobil, hanya saja kalau camping keluarga peralatan yang dipakai itu banyak,  jadi lebih memudahkan," pungkas Danu.(rls)