Ticker

6/recent/ticker-posts

TERBANGUN DARI TIDUR LELAP, YUNIZAR KAGET ATAP RUMAHNYA SUDAH TERBAKAR

Gambar : Pihak damkar lakukan pendinginan pasca penaklukan kobaran api yang membakar dua rumah di Beltim.


Belitung Timur |Satamexpose.com – Dua rumah yang bersebelahan milik Yunizar dan Asiong di Jalan Al-Hidayah, Dusun Cemara 1, Desa Kurnia Jaya, Kecamatan Manggar, Kabupaten Belitung Timur, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung dilalap si jago merah, Selasa (3/1) sekira pukul 04.00 WIB.

Api pertama kali diketahui oleh Yunizar membakar bagian atap rumahnya yang kemudian membesar membakar habis rumahnya serta menghanguskan sebagian rumah tetangganya, Asiong.

Kepala Pusdalops BPBD Belitung TimurHelmi Akbar mengatakan api pertama kali membakar rumah milik Yunizar.

"Yunizar yang kala itu sedang tidur lelap terbangun karena merasa panas dan mendapati api sudah membakar atap rumahnya, lantas keluar sambil berteriak meminta pertolongan tetangganya," ujarnya.

Menurutnya, dalam kondisi panik tersebut beruntung Yunizar masih sempat menyelamatkan barang-barang berharga miliknya.

Karena kobaran api cukup besar, rumah Asiong tetangganya turut terbakar meski tidak habis terbakar karena bangunan didominasi beton.

Pihak Pusdalop BPBD Belitung Timur mengerahkan empat mobil damkar dengan jumlah personel sebanyak 14 orang guna menjinakkan kobaran api yang membakar dua rumah warga tersebut.

“Api baru bisa dijinakkan sekitar pukul 05.20 WIB dan dilanjutkan dengan penyemprotan pendinginan lokasi hingga pukul 05.50 WIB,” jelasnya.

Kendala dalam proses pemadaman api menurut Helmi akibat masih adanya arus listrik pada saat kejadian, sehingga pihaknya harus menunggu pihak PLN memutus terlebih dahulu aliran listrik.

Diduga percikan api berasal dari korsleting listrik yang terjadi di rumah Yunizar. Beruntung tidak terjadi korban jiwa, namun kerugian material diperkirakan mencapai ratusan juta rupiah. (sis)