Ticker

6/recent/ticker-posts

RESMIKAN RUMAH DINAS BUPATI BELITUNG DAN ENAM BANGUNAN FISIK LAINNYA, SANEM LAKUKAN PENGGUNTINGAN PITA

Gambar : Bupati Belitung, H. Sahani Saleh, S.Sos saat resmikan Rumah Dinas Bupati dan enam bangunan fisik lainnya yang bersumber dari APBD tahun 2022.

 

Belitung |Satamexpose.com – Bertempat di halaman Rumah Dinas Bupati Belitung dengan dihadiri pejabat di jajaran Forkopimda, Bupati Belitung, H. Sahani Saleh, S.Sos resmikan rumah dinas jabatan bupati serta enam kegiatan fisik lainnya yang dibangun dengan menggunakan APBD Kabupaten Belitung tahun 2022 di halaman rumah dinas Bupati, Jumat (13/1/2023).

Adapun enam  bangunan fisik lainnya yang juga ikut diresmikan yakni, gedung sarana penunjang Kantor Bupati Belitung, Jembatan Cendil, renovasi dan penambahan ruang Puskesmas Membalong, renovasi Gedung Labkesda, gedung Puskesmas Perawas serta gedung PSC 119.

Sanem, sapaan akrab Bupati Belitung menilai secara umum program pembangunan sarana dan prasarana ditahun 2022 terlaksana dengan lancar.

Terkait rehab Rumah Dinas Bupati Belitung dirinya menjelaskan bangunan yang dikerjakan pada tahun 1971 dan diresmikan tahun 1972 tersebut selama ini memang belum pernah dilakukan perehaban dan hanya dirawat skala kecil sehingga kualitas bangunan mulai menurun.

"Memang bangunannya tidak berubah hanya beberapa bagian yang selama ini tidak maksimal kita ganti,  sehingga lebih ditata saja agar lebih representatif," ujarnya.

Menurutnya, perubahan paling mencolok terlihat dari sisi luar dengan arsitektur melayu mulai atap hingga, pintu dan jendela utama, sedangkan beberapa tiang bulat besar yang terpasang di bagian depan sebagai penopang teras terkesan lebih mewah.

Selain itu, beberapa ruangan di bagian dalam lebih ditata seperti ruang tamu, kamar utama dan dapur.

Sanem juga mengatakan selama proses pengerjaan rehab rumah dinas, pihaknya meminta pendampingan dari Kejari Belitung dan Polres Belitung untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan dan memaksimalkan hasilnya.

Sementara itu, Sekda Kabupaten Belitung, H. MZ Hendra Caya, SE., M.Si  dalam penyampaian laporannya menyebut total pagu APBD tahun 2022 berjumlah Rp1,2 triliun dengan angka serapan Rp1,082 triliun atau 87,82 persen.

Dari total pagu tersebut terdapat 159 program, 444 kegiatan dan 1292 sub kegiatan.

"Pada intinya semua program dan kegiatan sudah dilaksanakan dengan baik. Kami juga terbuka dan silahkan dilihat hasilnya," tandasnya. (rus)