Ticker

6/recent/ticker-posts

PASAR HATTA RESMI SEBAGAI PASAR "SIAP"

Gambar : Acara peresmian Pasar Hatta sebagai pasar SIAP QRIS.

Belitung | Satamexpose.com – Deputi Kepala Perwakilan Bank Indonesia Perwakilan Bangka Belitung, Agus Taufik meresmikan Pasar Hatta Tanjungpandan, sebagai Pasar Sehat, Inovatif, Aman dan Pakai (SIAP) QRIS (Quick Response Code Indonesia Standard), Rabu(5/10).

Agus Taufik mengatakan peresmian pasar Hatta Belitung sebagai pasar SIAP QRIS dilakukan guna mendorong percepatan dan perluasan QRIS sebagai kanal pembayaran digital.

"Bank Indonesia bersama Kementerian Perdagangan mendorong penggunaan QRIS di pasar tradisional dengan branding pasar SIAP QRIS," katanya.

Menurutnya, situasi pandemi Covid-19 telah membentuk kebiasaan baru masyarakat yang positif dan mempercepat adaptasi digital termasuk dalam aspek transaksi pembayaran.

"Untuk implementasi pasar SIAP QRIS di pasar Hatta Tanjungpandan kami telah bekerja sama dengan Dinas Perdagangan Kabupaten Belitung dan mitra strategis kami yakni perbankan di Belitung," ujarnya.

Agus menjelaskan, keunggulan penggunaan QRIS tidak hanya memberikan kemudahan dalam bertransaksi namun dapat memberikan manfaat diantaranya setiap transaksi tercatat dan langsung masuk ke rekening pedagang.

"Kemudian pedagang juga terbebas dari resiko pencurian serta peredaran uang palsu," paparnya.

Penggunaan QRIS juga akan membangun profil kredit yang baik bagi penggunanya sehingga bermanfaat jika membutuhkan pembiayaan lebih lanjut dari pihak perbankan.

"Seandainya pedagang membutuhkan pembiayaan lebih lanjut dalam bentuk KUR atau kredit UMKM transaksinya tercatat di QRIS," tandasnya.(rus)