Ticker

6/recent/ticker-posts

MILIKI KEMAMPUAN SHORT TAKE OFF LANDING, DIRGANTARA INDONESIA PAMERKAN PESAWAT N 219 DI PERHELATAN G20 BELITUNG

Gambar : Pesawat N 219 buatan anak negeri yang akan dipamerkan pada acara G20 Belitung.

 

Belitung |Satamexpose.com – Pesawat N 219 buatan anak negeri akan menjadi ikon nasional dan akan dipamerkan kepada perwakilan menteri dan tamu undangan G20 nanti yang akan diselenggarakan pada 7 hingga 9 September 2022 di Kabupaten Belitung, Provinsi Kepulauan Babel.

Penjabat Gubernur Kepulauan Babel, Ridwan Djamaluddin di Bandara Internasional H.A.S. Hanandjoeddin Belitung mengatakan N 219 merupakan pesawat terbang anak bangsa tersebut patut diapresiasi, karena memiliki nilai Tingkat Kandungan Dalam Negeri (TKDN) lebih dari 40 persen.

"Kami mendengar ada 11 pesanan pesawat ini dan semoga ini menjadi bukti kemampuan anak negeri dan menjadi awal kebangkitan industri dirgantara Indonesia," ujarnya, Senin(5/9).

Direktur Produksi PT DI, Batara Silaban mengatakan keikutsertaan pada acara ini merupakan kesempatan yang sangat baik bagi pesawat N 219 dalam memperoleh dukungan dari pemerintah, khususnya dalam hal mewajibkan penggunaan produk dalam negeri yang memiliki nilai TKDN lebih dari 40 persen, dimana pesawat N219 sendiri telah mencapai TKDN 44,69 persen.

"Kami sengaja berpartisipasi untuk mengenalkan produk aeroplane ini ke dunia internasional, sehingga saya mengucapkan terima kasih kepada Bappenas dan Pemprov Kepulauan Babel atas kesempatan yang diberikan," ucapnya.

Menurutnya, pesawat N219 dikembangkan secara khusus untuk dapat beroperasi di wilayah pegunungan, dengan kemampuan "Short Take Off Landing" di landasan yang panjangnya kurang dari 800 meter dan tidak beraspal.

Dalam pemanfaatannya, pesawat N 219 dapat digunakan dengan berbagai konfigurasi sesuai kebutuhan pengguna, baik untuk angkut penumpang, logistik, maupun medical evacuation dan flying doctor.

"Pesawat ini cocok sebagai pesawat perintis, selain menjadi pesawat penumpang, juga bisa dijadikan pesawat kargo," tandasnya. (rus)