Ticker

6/recent/ticker-posts

TERKAIT INFORMASI PEMBATALAN DWG G20 DI PULAU BELITUNG, NAZIARTO SEBUT KESALAHAN ASUMSI

Gambar : Belitong for G29.

 

Pangkalpinang|Satamexpose.com – Pj Gubernur Ridwan Djamaluddin melalui Sekretaris Daerah Pemprov Babel, Naziarto memastikan pelaksanaan Development Working Group (DWG) G20 di Pulau Belitung tetap berjalan sesuai rencana, Jum’at(15/7).

Prihal tersebut disampaikan usai Gubernur melakukan pertemuan secara virtual bersama Kementerian PPN/Bappenas, Kementerian PUPR, Kemensetneg, Kemenko Bidang Perekonomian serta keuangan negara.

"Adanya informasi yang beredar bahwa G20 di Belitung dibatalkan, itu hanya salah asumsi karena pada prinsipnya kegiatan tetap digelar dan persiapan kita sudah sangat matang," ujar Naziarto.

Menurutnya, beredarnya informasi bahwa G20 di Belitung dibatalkan dikarenakan terjadi kesalahan dalam menerjemahkan isi surat Kementerian Sekretariat Negara (Kemensetneg) Nomor: B-588/M/D-1/HK.03.02/07/2022 Tanggal 4 Juli 2022.

Pada pointer pertama dalam surat tersebut dijelaskan bahwa berdasarkan hasil koordinasi Kementerian PUPR dengan Kemensetneg dan Kemenko Bidang Perekonomian serta keuangan negara, maka penyelenggaraan Pertemuan Tingkat Menteri Pembangunan G20 pada DWG di Provinsi Kepulauan Bangka Belitung dibatalkan.

"Subtansi dari surat itu hanya memastikan Perpres tidak perlu dilakukan khusus untuk substansi Kementerian PUPR, bukan dimaksud membatalkan G20 di Belitung," paparnya.

Dengan kata lain tidak membatalkan DWG G20 di Belitung, tetapi lebih  ditujukan untuk Kementerian PUPR terkait skema pendanaan percepatan pelaksanaan pembangunan infrastruktur dalam mendukung acara tersebut. (**)