Ticker

6/recent/ticker-posts

TERKAIT PENGHENTIAN PASOKAN DARI MADURA, DESTIKA MINTA MASYARAKAT BELITUNG TIDAK RESAH AKAN KETERSEDIAAN HEWAN KURBAN

Gambar : Kepala DKPP Kabupaten Belitung, Destika Efenly, terkait ketersediaan hewan korban.

Belitung|Satamexpose.com –  Jelang Idul Adha yang diperkirakan akan jatuh pada tanggal 9 Juli 2022 mendatang, Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian (DKPP) Kabupaten Belitung mencatat kebutuhan hewan kurban Idul Adha 1443 Hijriah mencapai 2.000 ekor.

Kepala DKPP Belitung Destika Efenly mengatakan jumlah kebutuhan tersebut mengacu kepada jumlah pemotongan hewan kurban pada Hari Raya Idul Adha tahun lalu yaitu sapi 483 ekor dan kambing 1.247 ekor.

"Kebutuhan hewan kurban di masyarakat tercatat mencapai 2.000 ekor terdiri dari sapi sebanyak 500 ekor dan kambing sebanyak 1.500 ekor," ujarnya, Senin(6/6).

Terkait maraknya penyebaran Penyakit Mulut dan Kaki (PMK) pada hewan ternak yang membuat pasokan hewan dari Pulau Madura dihentikan, dirinya minta masyarakat untuk tidak panik karena pihaknya telah berkoordinasi dengan 11 pemasok di Belitung yang sudah mendapatkan rekomendasi untuk mendatangkan sapi dan kambing dari wilayah Nusa Tenggara Barat dan Lampung.

Menurutnya, saat ini ketersediaan hewan kurban di Kabupaten Belitung tersisa 103 ekor sapi dan 88 ekor, namun diakhir pekan ini akan mulai masuk hewan kurban dari kedua daerah tersebut yang direncanakan sebanyak 401 ekor sapi dan 2.980 ekor kambing.

“Masyarakat tidak perlu resah dengan isu ketersediaan hewan kurban di Belitung dan nantinya kami akan terus berkoordinasi dengan Satgas, mulai dari kedatangan hewan kurban di pelabuhan serta memonitoring ke kandang untuk mengantisipasi jangan sampai ada hewan kurban yang terjangkit PMK,” pungkasnya. (rus)