Ticker

6/recent/ticker-posts

PERSIAPKAN SELAT NASIK SEBAGAI SENTRA BARU PRODUKSI LADA, DKPP BELITUNG AKAN BAGIKAN BIBIT LADA SIAP TANAM

Gambar : Kabid Perkebunan DKPP Kabupaten Belitung, Hamzah.

 

Belitung|Satamexpose.com – Kecamatan Selat Nasik dipersiapkan Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian (DKPP) Kabupaten Belitung, sebagai sentra baru produksi lada dan sentra produksi karet.

Seperti yang diungkapkan oleh Kepala Bidang Perkebunan Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian Kabupaten Belitung, Hamzah yang mana menurutnya Belitung selama ini telah menetapkan Kecamatan Membalong sebagai sentra produksi lada di Kabupaten Belitung.

Menurutnya, beberapa tahun terakhir  produksi lada di kecamatan Membalong menurun disebabkan oleh beberapa faktor seperti alih fungsi lahan dan aktivitas pertambangan, sehingga dirasakan perlu mempersiapkan Selat Nasik untuk "mengcover" Membalong sebagai daerah sentra baru produksi lada.

"Selat Nasik kami persiapkan sebagai sentra produksi lada setelah kecamatan Membalong karena pertimbangan kondisi alam yang cocok serta area lahan yang masih luas," ujarnya, Rabu(22/6).

Menurutnya Kecamatan Selat Nasik jarang terjadi alih fungsi lahan seperti dari perkebunan lada menjadi sawit atau menjadi lahan tambang, sehingga dirasa nantinya akan mampu mendukung program "Ngayau de Mendanau" guna mempromosikan potensi pariwisata di daerah itu.

Untuk menunjang itu, Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian (DKPP) Kabupaten Belitung sudah menyiapkan bibit lada siap tanam yang nantinya akan dibagikan kepada sembilan kelompok petani lada yang ada di Kecamatan Selat Nasik.

"Kami berharap kedepannya Selat Nasik betul-betul menjadi sentra baru produksi lada," pungkasnya. (rus)