Ticker

6/recent/ticker-posts

TOLAK TAMBANG LAUT DI PERAIRAN TOBOALI, MASYARAKAT NELAYAN KIBARKAN BENDERA MERAH PUTIH

Gambar : Ratusan masyarakat nelayan dan petani sekitar perairan Toboali gelar aksi penolakan aktivitas tambang laut yang ditandai dengan  pengibaran bendera merah putih.

 

Bangka Selatan|Satamexpose.com – Tolak rencana aktivitas tambang laut diperairan laut Toboali, ratusan masyarakat nelayan menggelar aksi di area wisata Pantai Kelisut, Tanjung Ketapang, Kecamatan Toboali, Kabupaten Bangka Selatan, Rabu(25/5).

Aksi juga ditandai dengan pengibaran bendera merah putih di Batu Bulat, Pesisir Pantai Tanjung Ketapang sebagai simbol penolakan masyarakat terhadap rencana penambangan laut.

“Nelayan Batu Perahu dan sekitarnya berkomitmen menolak apapun bentuk aktivitas tambang laut, karena laut adalah sumber pendapatan kami para nelayan,” ujar Joni Juhri yang merupakan salah seorang nelayan yang ikut dalam aksi tersebut.

Hal senada juga disampaikan oleh Kepala Dusun 04, Kelurahan Ketapang, yang mana menurutnya dampak dari penambangan laut nantinya akan menganggu aktivitas para nelayan dan penolakan telah mereka sampaikan berulang kali kepada para pemangku kebijakan di daerah tersebut.

Sementara itu, Noviar selaku Kepala Lingungan 06 Tanjung Ketapang secara tegas menyatakan jika mayoritas masyarakat di lingkungannya menolak rencana aktivitas penambangan laut di perairan Toboali.

Penolakan juga disampaikan Bujil Sani selaku perwakilan petani yang mana menurutnya bukan hanya nelayan yang akan terdampak jika terjadi aktivitas penambangan di perairan Toboali, namun petani yang sawahnya berada tak jauh dari pantai juga akan terdampak.

“Tanpa aktivitas tambang laut saja, sawah kami yang berada dekat dengan pantai selalu mengalami abrasi, bagaimana kalau ada tambang laut. Jadi tolong berpikirlah sebelum bertindak, karena akan banyak yang dikorbankan,” ujarnya Bujil  lantang. (**)