Ticker

6/recent/ticker-posts

TANGGUL TAMBANG ROBOH, DUA RUMAH WARGA TERENDAM AIR

Gambar : Kondisi rumah warga yg terendam air akibat jebolnya tanggul eks tambang di Padang Lutong.

Belitung Timur | Satam Expose.com – Dua  warga terendam air akibat pok (tanggul) kolong tambang yang ada di Padang Lutong,  Desa Jangkar Asam, Kecamatan Gantung, Kabupaten Belitung Timur jebol, Selasa(315).

Hadi, salah satu korban terdampak mengatakan saat kejadian dirinya sedang mandi dan secara tiba-tiba dari arah belakang mengalir air yang deras berasal dari tanggul belakang rumahnya.

"Tadi pagi airnya langsung merendam rumah kami dengan rumah satunya," paparnya.

Kasi Pencegahan dan Kesiapsiagaan Badan Penanggulangan Bencana Daerah Belitung Timur, Helmi Akbar mengatakan pihaknya mendapat laporan pada pukul 07.00 WIB pagi.

Menurutnya,  genangan air terjadi akibat tanggul air bekas tambang di sekitar lokasi tersebut jebol karena tak bisa menampung kelebihan debit air pasca hujan deras yang mengguyur daerah tersebut.

"Tim dibantu Pemdes Jangkar Asam, Babinkabtibmas, Babinsa, Tagana, dan warga setempat, berupaya mengevakuasi  baramg-barang warga terdampak yang masih bisa diselamatkan hingga pukul 10.00 WIB," paparnya.

Sementara itu, Kepala  Desa Jangkar Asam Fahrizal mengakui kawasan itu memang sering dilanda genangan air dan tanggul yang jebol merupakan bekas tambang yang sudah tidak beroperasi. 

"Kami akan coba berkomunikasi dengan pihak ketiga pemegang IUP agar membuat jalur air dan irigasi supaya kejadian ini tidak berulang lagi," tandasnya. (sis)