Ticker

6/recent/ticker-posts

MANFAATKAN PENDANAAN UMK PT TIMAH, ELLY BERHASIL TINGKATKAN PRODUKSINYA

Gambar : Elly Yuana dan produknya.

Belitung | Satam Expose.com – Sempat alami keterpurukan usaha akibat pandemi Covid-19, Elly Yuana salah satu pelaku UMKM yang menjajakan cemilan di kawasan Tanjungpendam, Kecamatan Tanjungpandan, Kabupaten Belitung dengan brand Fallya akhirnya bisa kembali menggerakkan usahanya setelah dirinya menjadi mitra PT Timah Tbk.

"Saya sangat membutuhkan modal untuk untuk produksi, karena saat Covid-19 kita terdampak. Setelah menerima modal dari PT Timah Tbk, produksi meningkat dan mulai dapat bergerak lagi, jadi sangat membantu," ujarnya.

Menurutnya, selain menjual makanan dan minuman, dirinya juga memproduksi produk yakni kricu telur cumi, getas ikan tenggiri, dodol agar, rengginang, pengemasan madu dan aneka kue kering.

Dalam menjalankan produksinya, Elly dibantu dua tenaga kerja, namun pada saat banyak pesenan dirinya bisa memiliki empat tenaga kerja yang merupakan masyarakat sekitar. 

"UMKM ini menggerakkan ekonomi masyarakat, seperti saya produksi kricu cumi itu bahan baku dari nelayan Tanjungpandan, sedangkan tenaga kerja saya ajak tetangga, jadi ini bisa saling membantu," katanya. 

Elly menceritakan jika usaha yang dirintisnya sejak tahun 2011 lalu, semula berjalan dengan lancar. Saat pandemi Covid-19 ditahun 2020 usahanya sepi pengunjung dan membuat dirinya cukup kebingungan untuk terus melanjutkan usahanya. 

Di tahun 2011 dirinya mendapatkan informasi dari temannya untuk memanfaatkan program Pendanaan Usaha Menengah Kecil (PUMK) PT Timah Tbk yang memberikan kemudahan bagi UMKM. 

"Kita dapat informasi dari teman untuk pinjaman di PT Timah Tbk, sekitar setahun lalu kita menjadi mitra PT Timah Tbk," ungkap Elly Yuana.

Kedepan, dirinya juga berharap produknya bisa menjadi salah satu produk unggulan PT Timah Tbk sehingga bisa meningkatkan promosi. Pasalnya, saat ini dirinya mengalami kendala dalam pemasaran produk. 

"Produk saya juga dipasarkan di galeri KUKM Belitung, toko oleh-oleh Belitung dan secara online. Kalau ingin mesan silakan hubungi 081949535684 dan 08196999748," tandasnya.

Nah, bagi anda yang ingin mencicipi berbagai produk dari UMKM Fallya anda bisa datang langsung ke Jalan Tebat Permai RT 08/04 No 15 Desa Air Saga Kecamatan Tanjungpandan. (rls)