Ticker

6/recent/ticker-posts

BANTU MAHASISWA BELITUNG, PEMKAB GELONTORKAN Rp. 2,3 MILIAR

                        Gambar ilustrasi.

Belitung | Satam Expose.com – Guna membantu mahasiswa Belitung dalam menempuh pendidikan di perguruan tinggi, Pemerintah Kabupaten Belitung di tahun 2022 menganggarkan Rp. 2,3 miliar untuk pemberian beasiswa pendidikan tinggi yang terbagi atas beasiswa tetap dan beasiswa parsial.

Kabag Kesra Setda Kabupaten  Belitung, Drs. Fari  mengatakan beasiswa parsial pada tahun ini diberikan kepada 45 mahasiswa dengan beasaran masing-masing Rp.10 juta untuk mahasiswa Belitung yang menempuh pendidikan tinggi dan hanya diberikan sekali. 

"Untuk beasiswa parsial masih dianggarkan di tahun ini, namun masih menunggu oerubahan Perbup berdasarkan hasil evaluasi tahun lalu," ujarnya, Selasa (5/4).

Menurutnya, berdasarkan evaluasi pemberian beasiswa tahun lalu,  penerima didominasi mahasiswa yang berasal dari jurusan sosial.

"Padahal standar nilai atau  indeks prestasi kumulatif (IPK) bagi mahasiswa jurusan eksakta dan sosial berbeda, sehingga perlu dipertimbangkan aturan yang sesuai agar beasiswa diberikan secara adil," papar Fari.

Sedangkan  pemberian beasiswa tetap hanya kepada mahasiswa yang menempuh pendidikan di perguruan tinggi yang telah bekerja sama dengan Pemerintah Daerah.

 Adapun tiga perguruan tinggi yang memiliki kerjasama dengan Pemerintah  yakni Podomoro University, Sampoerna University dan Institut Tazkia.

Mahasiswa penerima beasiswa tetap ini terdiri dari satu orang di Sampoerna University yang kini menempuh semester enam dan empat orang di Podomoro University yang kuliah semester enam, ditambah dua angkatan yang kuliah semester enam dan semester delapan di Institut Tazkia yang masing-masingnya terdiri dari 11 orang dan 20 orang.

"Itu dibiayai sampai mereka selesai (beasiswa tetap, red)  dan mengingat keterbatasan anggaran maka sementara ini belum ada pembukaan beasiswa tetap dan hanya menyelesaikan yang sudah berjalan saja,"  tandas Drs. Fari. (rus)